Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 00:52 WIB | Jumat, 26 Juli 2024

Wamenlu Tegaskan Penting Menghidupkan Kembali Solidaritas Global South

Pertemuan Wakil Menteri Luar Negeri, Pahala Mansury dengan Wakil Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Afrika Timur Tanzania, Mbarouk Nassor Mbarouk, di Dar Es Salaam, Tanzania, hari Sabtu (20/7). (Foto: Kemlu)

DAR ES SALAAM-TANZANIA, SATUHARAPAN.COM-Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu), Pahala Mansury, menegaskan pentingnya menghidupkan kembali semangat solidaritas Global South khususnya antara Indonesia dan Afrika.

Hal ini disampaikan Pahala saat bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Afrika Timur Tanzania, Mbarouk Nassor Mbarouk, dan kalangan bisnis Tanzania di Dar Es Salaam, hari Sabtu (20/7).

Pada pertemuan dengan kalangan bisnis Tanzania, Pahala menyampaikan rencana penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2, yang diharapkan dapat hidupkan kembali semangat solidaritas Global South, khususnya antara Indonesia dan Afrika.

Pahala juga menyampaikan undangan dan menegaskan harapan akan kehadiran dan partisipasi aktif para pengusaha dari Tanzania pada IAF ke-2, khususnya padacountry-specific business forum, pameran dan pertemuan bisnis terkait lainnya. 

Selain menjajaki berbagai potensi kerja sama khususnya di bidang peningkatan kapasitas (capacity building), mineral kritis dan infrastruktur, Wamenlu mendorong finalisasi berbagai kerja sama konkret antara kedua negara untuk menjadi bagian dari deliverables IAF ke-2.

Dalam pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Afrika Timur Tanzania, Hon. Mbarouk Nassor Mbarouk, Wamenlu menyampaikan harapan akan kehadiran Presiden Tanzania dan para pejabat Pemerintah serta kalangan bisnis Tanzania pada IAF ke-2. 

Wamenlu juga menyampaikan keinginan Indonesia untuk menjajaki pembentukan Preferential Trade Agreement & Bilateral Investment Treaty, untuk lebih memperkuat kerja sama di bidang ekonomi antar kedua negara.  

Juga mendorong penguatan kerja sama di sektor pertanian dan ketahanan pangan, kerja sama di bidang migas dan Kesehatan. Dibahas berbagai potensi kerja sama ke depan, termasuk produksi dan pemrosesan minyak kepala sawit, sektor mineral dan rantai pasok baterai EV, pendidikan serta peningkatan kapasitas.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home