Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:15 WIB | Jumat, 06 September 2024

WHO: Vaksinasi Polio Anak-anak di Gaza Melampaui Target

Seorang petugas kesehatan memberikan vaksin polio kepada seorang anak Palestina di Zawayda di Jalur Gaza bagian tengah pada hari Minggu, 1 September 2024. (Foto: AFP)

JALUR GAZA, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa pihaknya telah melampaui target vaksinasi polio di Gaza pada hari Selasa (3/9), hari ketiga dari kampanye vaksinasi massal, dan telah memvaksinasi sekitar seperempat anak-anak di bawah usia 10 tahun.

Kampanye vaksinasi tersebut, yang dipercepat setelah ditemukannya kasus polio pertama pada bayi Gaza bulan lalu, bergantung pada jeda delapan jam setiap hari dalam pertempuran antara Israel dan militan Hamas di wilayah tertentu di daerah kantong yang terkepung tersebut.

Rik Peeperkorn, perwakilan WHO untuk wilayah Palestina yang diduduki, mengatakan kepada wartawan bahwa pihaknya telah memvaksinasi lebih dari 161.000 anak di bawah usia 10 tahun di wilayah tengah dalam dua hari pertama kampanyenya, dibandingkan dengan proyeksi sekitar 150.000.

Jumlah tersebut setara dengan sekitar seperempat dari total populasi yang menjadi sasaran kampanye vaksinasi untuk menghentikan penyebaran penyakit tersebut, yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan bahkan kematian pada anak-anak.

"Sampai sekarang semuanya berjalan dengan baik," katanya. "Jeda kemanusiaan ini, sejauh ini berhasil. Kami masih punya 10 hari lagi."

Tim kesehatan akan pindah ke Gaza selatan akhir pekan ini, di mana mereka menargetkan untuk menjangkau sekitar 340.000 anak, katanya, diikuti oleh Gaza utara.

Ia mengatakan bahwa beberapa anak di Gaza selatan diperkirakan berada di luar zona yang disepakati untuk jeda tersebut dan bahwa negosiasi terus berlanjut untuk menjangkau mereka.

WHO menyatakan bahwa setidaknya 90 persen anak-anak di Gaza perlu divaksinasi agar kampanye ini berhasil dan mencegah penyebaran polio baik di Gaza maupun lintas batas. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home