Loading...
DUNIA
Penulis: Kris Hidayat 23:41 WIB | Kamis, 14 November 2013

2013 Kasus Polio di Pakistan Meningkat

Pemberian vaksin polio di Pakistan. (Foto: AFP)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM - Penyakit polio meningkat di Pakistan, tutur staf kesehatan pada Rabu (13/11), saat jumlah infeksi penyakit tersebut pada 2013 melampaui jumlah keseluruhan pada 2012. Pakistan merupakan salah satu dari hanya tiga negara di dunia di mana tingginya penyakit infeksi, yang melumpuhkan bagian kaki tersebut masih menjadi wabah.

Penentangan dari kelompok militan sudah menghambat upaya untuk memvaksinasi anak-anak terhadap polio di Pakistan dan para staf medis tersebut mengatakan aksi kekerasan merupakan salah satu alasan meningkatnya kasus penyakit tersebut.

“Tahun lalu terdapat sebanyak 58 kasus, namun 62 korban baru polio sudah dilaporkan pada 2013,” ujar seorang pejabat senior pemerintah, yang bekerja dengan lembaga donor internasional untuk berupaya memberantas polio, kepada AFP.

Enam kasus terdapat di sebelah timur provinsi Punjab, empat di selatan Sindh dan sembilan kasus di sebelah barat laut Khyber Pakhtunkhwa, namun sejauh ini sebagian besar infeksi - 43 kasus - berada di wiayah suku semi-otonomi sepanjang perbatasan Afghanistan.

Taliban Pakistan melarang vaksinasi polio di wilayah suku semi-otonomi Waziristan pada tahun lalu, menuduh kampanye itu sebagai kedok spionase.

“Alasan utama atas merebaknya wabah penyakit itu adalah militansi di wilayah barat laut. Tim vaksinasi tidak bisa menjangkau wilayah suku semi-otonomi karena membahayakan nyawa mereka,” ujar pejabat tersebut.(Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home