Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 12:04 WIB | Rabu, 28 Agustus 2013

Angka Golput Pilgub Jatim, Diperkirakan Tinggi

Empat calon Gubernur Jawa Timur. Dari kiri-kanan: Soekarwo, Eggy Sudjana, Bambang DH, Koffifah IP. (Foto: www.jurnal3.com)

SURABAYA, SATUHARAPAN.COM – Hasil lembaga survei Proximity yang dilakukan dari 15-22 Agustus 2013 menyatakan bahwa perkiraan angka golput pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) masih tinggi, yaitu sekitar 50%.

Direktur Lembaga Survei Proximity, Whima Edy Nugroho memperkirakan bahwa partisipasi pemilih saat pencoblosan sekitar 50 sampai 60% dengan angka golput mencapai 50%. Tingginya angka golput karena masyarakat apatis terhadap Pilgub 2013 kali ini.

Survei Proximity juga melakukan riset terhadap tingkat elektabilitas. Dari hasil survei, pasangan incumbent nomor urut 1, yaitu Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) level keterpilihannya mencapai 54%, disusul pasangan Khofifah-Herman sebesar 24,4%. Pasangan Bambang-Said mampu meraih simpati 12,8%. Dan, di urutan terakhir pasangan Eggie-M.Sihat hanya memperoleh 0,4%.

Jika dibandingkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 13-19 Agustus 2013, tingkat elektabilitas pasangan KarSa mencapai 49,8%. Pada urutan kedua tetap diduduki oleh pasangan Khofifah-Herman sebesar 12,5%, di urutan ketiga 3,2% diraih oleh pasangan Bambang-Said dan Eggie-M. Sihat memperoleh 0,7%.

Menurut dua lembag survei tersebut, tingginya tingkat elektabilitas yang diraih Soekarwo-Saifullah Yusuf disebabkan beberapa faktor, yaitu masyarakat Jawa Timur puas dengan kinerja kandidat tersebut, merakyat dan rendah hati.

Meski elektabilitas yang diraih oleh pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf cukup tinggi, Whima menegaskan bahwa belum bisa dipastikan mereka akan meraih banyak suara. Bisa jadi, pergerakan pemilih dapat berubah karena mesin politik kedua lawan Bambang-Said Abdullah dan Khofifah-Herman cukup solid. Posisi mereka sebagai incumbent, bisa menguntungkan, juga bisa merugikan. (surabayapost.co.id)

Hasil Survei Proximity (15-22 Agustus 2013)

PASANGAN   ELEKTABILITAS
KarSa 54,0%
Khofifah-Herman 24,4%
Bambang-Said 12,8%
Eggi-Sihat   0,40%

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home