Loading...
SAINS
Penulis: Kris Hidayat 01:48 WIB | Minggu, 17 November 2013

Artis Pemenang Oscar Dukung Pembebasan 30 Aktifis Greenpeace yang Ditahan Rusia

Aktris Marion Cotillard (tengah) berpose ketika ia berdiri bersama para aktivis Greenpeace (15/11) di Paris. Aksi protes itu tindaklanjut atas dipenjaranya 30 aktivis Greenpeace di Rusia setelah protes di Arktik. (Foto: AFP)

PARIS, SATUHARAPAN.COM - Aktris pemengang Oscar Marion Cotillard bergabung aktivis Greenpeace pada Jumat (15/11) di Paris dalam demo menyerukan pembebasan bagi 30 aktivis Greenpeace yang ditahan oleh pemerintah Rusia, setelah melakukan protes Greenpeace di Arktik.

Marion Cotillard secara masuk ke dalam penjara simbolik berbentuk sangkar bersama para aktivis Greenpeace di dekat Museum Louvre di Paris. Dia memegang spanduk yang bertuliskan "I am a climate defender" yang menegaskan keberpihakan pada perjuangan bagi pemanasan global.  Marion juga memuji keberanian para pejuang yang "memiliki keberanian untuk membela planet ini."

Politikus dan selebriti lainnya dari dunia seni juga datang untuk menunjukkan dukungan mereka. Di Inggris, mantan anggota The Beatle, Sir Paul Mc Cartney menulis surat pribadi kepada Presiden Putin. Direncanakan pada Sabtu (16/11) diadakan aksi protes dilebih dari 70 stasiun pengisian bahan bakar Shell di seluruh Inggris.

Hingga saat ini 30 aktivis Greenpeace masih ditahan di penjara di Saint Petersburg, sementara Pemerintah Rusia telah mengajukan permohonan perpanjangan penahanan selama tiga bulan. (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home