Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:25 WIB | Kamis, 05 September 2024

AS dan SDF Suriah Tangkap Fasilitator ISIS, Khaled Ahmed al-Danal

Seorang anggota yang setia kepada ISIS mengibarkan bendera ISIS di Raqqa, Suriah, 29 Juni 2014. (Foto: dok. Reuters)

DAMASKUS, SATUHARAPAN.COM-Komando Pusat (CENTCOM) Amerika Serikat mengatakan pada hari Senin (2/9) bahwa mereka telah menangkap "fasilitator" ISIS, Khaled Ahmed al-Danal, yang menurut mereka "dinilai membantu upaya para pejuang (ISIS) yang ditahan" pada tanggal 1 September, dengan dukungan dari Pasukan Demokratik Suriah (SDF).

ISIS semakin gencar menyerang pasukan AS di Suriah dan Irak.

Pada hari Jumat (30/8), operasi gabungan oleh pasukan Amerika dan Irak menewaskan 15 anggota ISIS, dengan tujuh tentara AS terluka selama operasi tersebut, kata CENTCOM.

Serangan itu menargetkan para pemimpin ISIS dan dilakukan pada Kamis (29/8) pagi, mengakibatkan "tewasnya 15 anggota ISIS" tanpa "indikasi adanya korban sipil," kata CENTCOM di platform media sosial X.

Lima tentara AS terluka selama serangan itu dan dua lainnya terluka karena terjatuh, kata seorang pejabat pertahanan. Salah satu yang terluka dievakuasi untuk mendapatkan perawatan, begitu pula salah satu personel yang terluka karena terjatuh.

"ISIS tetap menjadi ancaman bagi kawasan, sekutu kita, serta tanah air kita," tambah CENTCOM.

Amerika Serikat memiliki sekitar 2.500 tentara di Irak dan 900 di Suriah sebagai bagian dari koalisi internasional melawan ISIS.

Pasukan koalisi telah menjadi sasaran puluhan kali dengan serangan pesawat tanpa awak dan roket di Irak dan Suriah, karena kekerasan yang terkait dengan perang Israel-Hamas di Gaza yang pecah pada awal Oktober telah menarik kelompok-kelompok bersenjata yang didukung Iran di seluruh Timur Tengah.

Musim dingin lalu, Perlawanan Islam Irak, aliansi longgar kelompok-kelompok yang didukung Iran, mengklaim sekitar 175 serangan roket dan pesawat tanpa awak terhadap pasukan AS di Irak dan Suriah.

Pasukan AS telah melakukan beberapa serangan balasan terhadap kelompok militan ini di kedua negara.

Serangan hari Kamis juga terjadi kurang dari seminggu setelah pasukan AS menewaskan seorang pemimpin senior kelompok militan yang berafiliasi dengan Al-Qaeda di Suriah. (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home