Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:59 WIB | Kamis, 05 September 2024

DR Kongo: 129 Orang Tewas Dalam Upaya Pembobolan Penjara DR Kongo

Pasukan keamanan negara di luar penjara Makala di Kinshasa, Republik Demokratik Kongo. (Foto: dok. AP)

KINSHASA, SATUHARAPAN.COM-Setidaknya 129 orang tewas selama upaya pembobolan penjara akhir pekan di penjara terbesar di Republik Demokratik Kongo, kata menteri dalam negeri pada hari Selasa (3/9).

"Jumlah korban sementara adalah 129 orang tewas, termasuk 24 orang yang ditembak setelah diberi peringatan," kata menteri Jacquemain Shabani dalam pesan video, seraya menambahkan bahwa setidaknya 59 orang lainnya terluka di penjara Makala di ibu kota, Kinshasa.

Kementeriannya mengatakan beberapa orang tertimpa atau mati lemas dan sejumlah perempuan telah diperkosa.

Saksi mata mengatakan bahwa baku tembak telah dimulai di penjara tersebut sekitar pukul 02:00 dini hari pada Senin (2/9) pagi dan berlangsung selama beberapa jam.

Daddi Soso, seorang teknisi listrik berusia 40-an yang tinggal di ibu kota, melaporkan melihat kendaraan pasukan keamanan mengangkut jenazah pada dini hari.

Pihak berwenang tidak memberikan indikasi berapa banyak narapidana yang melarikan diri atau berusaha melarikan diri, tetapi pada Senin pagi, juru bicara pemerintah, Patrick Muyaya, mengatakan kepada televisi nasional bahwa situasinya "terkendali". (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home