Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:30 WIB | Senin, 25 September 2023

Delegasi Saudi Kunjungi Palestina, Kemungkinan Bahas Hubungan dengan Israel

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, bertemu Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, di Jeddah, Arab Saudi, pada 19 April 2023. (Foto: dok. Ist)

RAMALLAH, SATUHARAPAN.COM-Delegasi Arab Saudi dijadwalkan mengunjungi Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, di Ramallah pekan ini, kata seorang pejabat Palestina, di tengah upaya diplomatik untuk mencapai kesepakatan antara Israel dan Arab Saudi yang dapat melibatkan konsesi bagi Palestina.

Delegasi tersebut akan dipimpin oleh utusan non residen Arab Saudi untuk Palestina, yang ditunjuk bulan lalu, kata pejabat itu.

Kunjungan tersebut dilakukan setelah Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, dan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan pekan lalu bahwa upaya sedang dilakukan untuk mencapai kesepakatan yang menormalisasi hubungan antara kedua negara.

Para pejabat Amerika Serikat telah memperingatkan bahwa perjanjian apa pun, yang diperkirakan mencakup perjanjian pertahanan dengan Washington dan program nuklir sipil untuk Arab Saudi, masih jauh dari tercapai.

Di antara isu-isu yang harus diselesaikan juga adalah masalah Palestina, dan seruan untuk menghidupkan kembali proses perdamaian yang mengarah pada solusi dua negara dengan negara Palestina merdeka bersama Israel.

Perundingan perdamaian antara Israel dan Palestina yang ditengahi AS gagal pada tahun 2014 dan hubungan antara kedua belah pihak anjlog di tengah gelombang kekerasan.

Pekan lalu Abbas mengatakan perjanjian perdamaian Timur Tengah tidak akan bisa dicapai sampai warga Palestina diberikan hak penuh, dan menteri luar negeri Arab Saudi juga menyerukan kebangkitan kembali tujuan solusi dua negara.(Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home