Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 16:31 WIB | Minggu, 14 Juli 2013

Es Krim Rasa Aneh dari Berbagai Penjuru Dunia

Es Krim Rasa Aneh dari Berbagai Penjuru Dunia
Patung lobster di depan sebuah kedai, yang membuat pengunjung langsung tahu rasa es krim yang akan disuguhkan (foto: istimewa)
Es Krim Rasa Aneh dari Berbagai Penjuru Dunia
Es krim rasa teh hijau (foto: national geographic)
Es Krim Rasa Aneh dari Berbagai Penjuru Dunia
Es krim rasa jamur

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Es krim rasa vanila, coklat atau strowberi sudah tidak asing lagi, karena pada umumnya seperti itulah rasa es krim. Di berbagai belahan dunia ada rasa es krim yang tidak lazim tapi patut dicoba sebagai bentuk dari kreatifitas budaya kuliner.

Rasa Buah Lokal

Cara terbaik mencicipi buah lokal dari suatu negara adalah melalui es krim. Nicky seorang penikmat es krim merekomendasikan es krim rasa gooseberry di Chiang Mai, Thailand, sementara itu Nico mengatakan “rasa cempedak dari Asia Tenggara yang paling enak”.

Durian adalah rasa yang paling populer di antara para pelancong yang menceritakannya pada National Geographic ketika mereka mengunjungi Phnom Penh, Bangkok, dan Singapura. Selain itu ada es krim rasa alpukat, melon, dan chamony yang mereka sebutkan.

Rasa apel ada pada peringkat terbawah rasa favorit dari daftar buah eksotik (bagi orang Amerika),“ es krim apel memang enak, tapi tidak terlalu populer di dunia,” kata Stan, yang juga penikmat es krim.

Rasa Seafood

KJ tidak menyangka bagaimana mungkin ia bisa suka es krim salmon panggang yang ia coba di Valencia. Di sisi lain, pengalaman Laura dengan es krim bacalao atau ikan cod asin yang dikeringkan “ternyata rasanya tidak mengerikan, tapi lumayan enak.” katanya.

Cobalah sendiri jika berani rasa es krim yang tidak biasa lainnya seperti yang ada di Heladeria Lares di Lares, Puerto Rico. Rasa es krim teraneh disampaikan pembaca terdapat di Asia yaitu rasa tinta cumi-cumi, sarden, dan lobster.

Rasa Bumbu Dapur

Banyak pembaca National Geographic telah mencoba es krim bawang putih (termasuk Rekan Editor Traveler Amy Alipio), meskipun tidak semua orang bisa menikmati rasa tersebut. “Saya tidak mau mencoba tadinya, tapi teman-teman saya berani mencoba semua,” kata salah satu pembaca. Cobalah pada Festival Bawang Putih di Gilroy dekat San Jose akhir bulan ini (Juli 26-28) dan juga pada Restoran Stinking Rose di San Fransisco kapanpun sepanjang tahun.

Petualangan kuliner lainnya dengan mencoba rasa jahe, pala dan bahkan jalapeno yang akan membuktikan keberanian bagi yang mau mencicipi.

“Bukan pecinta kuliner namanya jika belum mencicipi es krim pala di pulau cantik kami,” kata orang-orang dari Grenada Seafaris Powerboat Adventure, sebuah perusahaan di bidang jasa perjalanan di Amerika.

“Jika satu rasa bumbu belum memuaskan, cobalah yang seperti es krim masala,” dua pembaca juga merekomendasikan. “Rasanya seperti chai.” kata Melany yang menemukan rasa tersebut di Cape Town.

Rasa Minuman Beralkohol

Rasa yang mengejutkan ada pada es krim tequila di Morelia, Mexico atau rasa jameson whiskey di Dingle, Irlandia. “Sangat enak,” kata Ashley. Rasa menarik lainnya bisa dicoba di kedai Murphys Ice Cream, Irlandia.

Cobalah es krim Red Bull jika ingin merasakan sensasi sedikit melayang namun tanpa sampai mabuk (meskipun ada juga pembaca yang bilang membuat perut terasa penuh). Rasa minuman lain ada di Cina yaitu es krim rasa teh hijau.

Rasa Lainnya

“Semua yang bisa dimakan bisa dicoba untuk bahan membuat es krim,” kata Silvia, yang pernah mencoba es krim rasa kacang hitam dan rasa udang tersebut. “Saya enggan mencoba awalnya, dan saya pikir akan kehilangan nafsu makan, tapi ternyata ini sangat enak.”

Es krim rasa aneh yang ditawarkan ketika berkunjung ke Heladeria, Coromoto di Merida, Venezuela, telah terkenal dan tercatat Guiness World Record di antara 860 macam rasa, termasuk rasa jamur dan wine.  

Jadi rasa es krim yang manapun kiranya menarik, cobalah mencicipinya jika berkesempatan mengunjungi negara-negara tersebut. 

Editor : Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home