Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 15:53 WIB | Sabtu, 18 Januari 2014

Film Gravity Raih Tujuh Penghargaan

Film Gravity meraih Critics Choice Movie Award kategori film fiksi sains terbaik. (Foto: Warner Bros)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM – Film Gravity arahan Alfonso Cuaron meraih tujuh penghargaan tertinggi di malam penyerahan penghargaan Critics’ Choice Movie Awards di Los Angeles, Amerika Serikat, Kamis (16/1).

Critics' Choice Movie Awards, yang diberikan asosiasi kritikus film yang tergabung dalam Broadcast Film Critics Association, sama dengan Penghargaan Golden Globe, seperti dikutip dari BBC, dianggap sebagai indikator kesuksesan di ajang Penghargaan Oscar atau Academy Awards, yang baru digelar 2 Maret mendatang.

Gravity dinobatkan sebagai film sains fiksi terbaik, sementara Alfonso Cuaron meraih penghargaan untuk kategori sutradara terbaik. Sandra Bullock, pemeran utama dalam film itu, meraih gelar aktris terbaik untuk kategori film aksi. Predikat terbaik lagi diraih di kategori efek visual, ilustrasi film atas nama Steven Price, sinematografi atas nama Emmanuel Lubezki, penyuntingan terbaik atas nama Alfonso Cuaron dan  Mark Sanger.

Penghargaan untuk film terbaik tahun ini diraih 12 Years a Slave. BBC mencatat, enam film terbaik pilihan Broadcast Film Critics Association terbukti menyabet gelar film terbaik di ajang Oscar dalam tujuh tahun terakhir ini.   

Matthew McConaughey meraih gelar aktor terbaik melalui perannya dalam Dallas Buyers Club. Aktris Cate Blanchett meraih gelar aktris terbaik melalui dilm garapan Woody Allen, Blue Jasmine. Keduanya, sebelumnya, sudah mengantongi Penghargaan Golden Globe.   

Pemeran 12 Years a Slave, Lupita Nyong'o meraih Critics’ Choice Movie Award kategori aktris pendukung terbaik. Jared Leto, lawan main McConaughey, meraih gelar aktor pendukung terbaik, atas perannya sebagai waria dalam film drama tentang AIDS tersebut.

American Hustle, yang masuk sepuluh nominasi terbaik di ajang Oscar, di Critics’ Choice Movie Award hanya mengantongi empat penghargaan, untuk kategori film komedi terbaik, acting ensemble, tata rias wajah, dan aktris komedi terbaik yang diraih Amy Adams. Predikat aktor komedi terbaik diraih Leonardo DiCaprio, yang sebelumnya meraih penghargaan di ajang Golden Globe, melalui film The Wolf of Wall Street.

Mendampingi Sandra Bullock dalam kategori terbaik untuk film aksi, Mark Wahlberg meraih gelar aktor film aksi terbaik, melalui film perang Lone Survivor, yang juga dinobatkan sebagai film aksi terbaik.

Malam penyerahan penghargaan tahunan yang digagas asosiasi kritikus film itu, seperti dilaporkan CNN,  sempat diwarnai “insiden” ketika Sandra Bullock terselip lidah. Alih-alih mengucapkan terima kasih, terlontar umpatan gurauan dari mulutnya yang sangat mengagetkan hadirin, sebelum kemudian ia menetralisasinya dengan bergurau tentang kategori penghargaan yang ia raih, “Jadi, aku sekarang bintang film aksi.”

 

Aktor Aktris Kulit Hitam

Lupita Nyong'o bukan satu-satunya bintang kulit hitam yang namanya tercantum dalam percaturan perebutan gelar terbaik di dunia perfilman Amerika Serikat, termasuk ajang Oscar.  Selain aktris asal Kenya itu, tercatat nama Chiwetel Ejiofor, yang masuk nominasi Oscar sebagai aktor terbaik dalam perannya untuk film 12 Years a Slave. Ejiofor keturunan Nigeria.

Nama lain adalah Barkhad Abdi, warga Amerika keturunan Somalia. Abdi mendapat nominasi sebagai aktor pendukung terbaik untuk perannya sebagai bajak laut dalam film Captain Phillips, yang menampilkan pemeran utama Tom Hanks.

Abdi menyatakan perasaan gembiranya kepada VOA hari Kamis (16/1). “Saya benar-benar sangat bersemangat dan gembira. Saya tidak bisa menjelaskan bagaimana perasaan saya. Tidak bisa tidur semalaman karena terlalu gembira. Saya sangat senang dengan berita ini, dan semua orang yang saya kenal berusaha menelpon saya sekarang. Ini perasaan yang menakjubkan,” ujarnya.

Abdi berharap keberhasilannya akan mengilhami orang lain untuk mengejar impian mereka. (BBC/CNN/VOA)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home