Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 08:12 WIB | Rabu, 02 April 2014

Gempa 8,0 SR Guncang Chili

Stasiun TV Chili melaporkan gempa dan mendesak warga evakuasi dari daerah pantai. (Foto: bbc.co.uk)

SANTIAGO, SATUHARAPAN.COM - Gempa besar berkekuatan 8,0 skala Richter mengguncang pesisir Pasifik Chili pada Selasa (1/4), menimbulkan peringatan tsunami untuk Chili, Peru dan Ekuador, kata pejabat Amerika Serikat.

Gempa tersebut terjadi pada pukul 20:46 waktu setempat (23:46 GMT) di kedalaman 10 kilometer, berjarak 83 kilometer dari Iquique di pantai selatan Chili, kata Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di Hawaii mengeluarkan tanda peringatan.

Otoritas Chili juga mengeluarkan peringatan tsunami setelah gempa itu melanda, yang mereka nilai berkekuatan 7,9 SR.

Pihak berwenang Chili menggunakan TV memerintahkan evakuasi dari wilayah pesisir, mendesak warga untuk meninggalkan pesisir secepatnya.

Chili adalah salah satu negara yang paling sering diguncang gempa di dunia, dan gempa besar sudah lama diperkirakan akan terjadi di wilayah utara negara itu.

Pada Februari 2010, Chili tengah dan selatan dilanda gempa besar berkekuatan 8,8 SR dan disusul terjangan tsunami yang menghancurkan puluhan kota. Sebanyak 500 orang meninggal dengan nilai kerusakan infrastruktur sebesar 30 miliar dolar AS (sekitar Rp 339,4 triliun). (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home