Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 18:17 WIB | Selasa, 15 Oktober 2013

Gubernur Afganistan Terbunuh Serangan Bom Saat Shalat Ied

Arsala Jamal diangkat sebagai Gubernur pada bulan April setelah kembali dari Kanada. (bbc.co.uk)

LOGAR, SATUHARAPAN.COM - Gubernur Provinsi Logar, Afganistan tewas dalam ledakan di masjid saat tengah shalat Ied, Idul Adha. Arsala Jamal sedang berdiri di depan masjid menyambut para jemaat ketika bom yang disembunyikan di mikrofon meledak, Selasa (15/10).

Setidaknya 15 orang terluka dan beberapa dikabarkan dalam keadaan kritis, kata juru bicara Jamal. Logar terletak di sebelah selatan ibu kota Kabul dan Taliban semakin gencar mengendalikan sebagian besar daerah pedesaan.

Serangan itu terjadi di masjid utama Logar di ibukota provinsi Pul-i-Alam, kata juru bicara Mohammed Din Darwesh.

Sampai saat ini belum ada yang menyatakan bertanggung jawab terhadap serangan bom tersebut.

Taliban Semakin Brutal

Arsala Jamal diangkat sebagai gubernur Logar pada bulan April setelah ia kembali ke Afghanistan dari Kanada. Sebelumnya ia adalah gubernur provinsi lain di bagian timur yaitu Khost.

Dia adalah seorang yang ahli dalam bidang pembangunan pedesaan, yang telah bekerja untuk sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) asing sebelum diangkat kedalam posisi pemerintahan.

Serangan tersebut terjadi beberapa hari setelah penangkapan komandan senior Taliban Pakistan, Latif Mehsud, oleh pasukan Amerika Serikat. Latif dikatakan sebagai kepercayaan dari pemimpin Taliban Pakistan, Hakimullah Mehsud.

Logar dan provinsi tetangganya, Wardak, semakin menjadi kacau dalam beberapa tahun terakhir.

Ketidakamanan mengancam pinggiran selatan Kabul dan ribuan orang telah melarikan diri ke ibu kota untuk berlindung dari serangan dan ancaman tentara Taliban. (bbc.co.uk)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home