Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:07 WIB | Rabu, 04 Oktober 2023

Hubungan Memburuk, India Minta Kanada Tarik 41 Diplomatnya

Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar. (Foto: dok. Ist))

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-India telah mengatakan kepada Kanada bahwa mereka harus memulangkan 41 diplomatnya paling lambat tanggal 10 Oktober, Financial Times melaporkan pada hari Selasa (3/10).

Hubungan antara India dan Kanada menjadi sangat tegang karena kecurigaan Kanada bahwa agen-agen pemerintah India berperan dalam pembunuhan seorang pemimpin separatis Sikh dan warga negara Kanada, Hardeep Singh Nijjar, pada bulan Juni di Kanada, yang oleh India dicap sebagai “teroris”.

India menolak tuduhan tersebut dan menganggapnya tidak masuk akal.

Financial Times, mengutip orang-orang yang mengetahui tuntutan India, mengatakan India telah mengancam akan mencabut kekebalan diplomatik para diplomat yang diperintahkan untuk pergi setelah 10 Oktober.

Kanada memiliki 62 diplomat di India dan India mengatakan bahwa jumlah diplomatnya harus dikurangi sebanyak 41 orang, kata surat kabar itu.

Kementerian luar negeri India dan Kanada tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar, sebelumnya mengatakan ada “iklim kekerasan” dan “suasana intimidasi” terhadap diplomat India di Kanada, di mana kehadiran kelompok separatis Sikh telah membuat frustrasi New Delhi.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home