Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 13:42 WIB | Rabu, 28 Agustus 2024

Indonesia Tingkatkan Pengawasan Cacar Monyet Menjelang Forum Afrika di Bali

Tabung reaksi berlabel virus Mpox positif dalam ilustrasi ini diambil pada 20 Agustus 2024. (Foto: dok. Reuters)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Indonesia tingkatkan pengawasan untuk mpox (cacar monyet atau monkey pox) menjelang forum besar dengan negara-negara Afrika di Bali pekan depan.

Pihak berwenang akan menyaring pelancong yang tiba di bandar udara Jakarta dan Bali serta memvaksinasi petugas kesehatan di pulau itu, kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, pada hari Selasa (28/8).

Indonesia memiliki 40 vaksin tersisa dari pengadaan sebelumnya pada tahun 2022 tetapi berharap untuk menerima 1.600 suntikan lagi dari Denmark pekan ini dan mengincar Jepang untuk lebih banyak pasokan.

Indonesia tidak memiliki kasus yang dikonfirmasi dari jenis mpox yang lebih berbahaya, yang disebut strain klade Ib, menurut menteri kesehatan.

Penyelenggara acara memperkirakan sekitar 1.500 orang, termasuk kepala negara Zimbabwe, Rwanda, dan lainnya, untuk menghadiri forum Indonesia-Afrika.

Patogen tersebut telah menyebar ke lebih banyak negara setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah di Afrika sebagai keadaan darurat kesehatan global yang baru. Pekan lalu, negara tetangga Thailand menjadi negara Asia pertama yang mengonfirmasi kasus mpox yang terinfeksi oleh strain baru tersebut. (dengan Bloomberg)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home