Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 10:01 WIB | Selasa, 22 Maret 2016

Ini Rute Transjakarta Antisipasi Demo Sopir Angkutan Umum

Ilustrasi bus Transjakarta sedang melintas di jalur busway. (Foto: Dok. satuharrapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – PT Transjakarta membuat beberapa skenario pengangkutan penumpang untuk mengantisipasi unjuk rasa yang dilakukan oleh ribuan sopir angkutan umum yang tergabung dalam Paguyuban Pengemudi Angkutan Darat (PPAD) dan Forum Komunikasi Masyarakat Penyelenggaran Angkutan Umum (FK MPAU) pada hari Selasa (22/3). Rencananya, mereka akan menggelar aksi unjuk rasa besar-besaran di beberapa titik seperti Istana Negara, Balai Kota DKI Jakarta dan Gedung MPR/DPR mulai pukul 09.00 WIB.

“Untuk koridor satum jika peserta unjuk rasa berada di depan kantor Kementerian Perhubungan hingga menutup jalur busway, maka rute koridor satu yang dari Blok M ke arah Jakarta Kota dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan. Setelah halte Bank Indonesia, patung kuda belok kiri ke Jalan Budi Kemuliaan kemudian belok kanan ke Jalan Abdul Muis, Halte Harmoni, dan seterusnya,” kata Humas Transjakarta Prasetya Budi di Jakarta, hari Selasa (22/3).

Sebaliknya, lanjut dia, rute Jakarrta Kota ke arah Blok M dialihkan melalui Pecenongan, Juanda, Pasar Baru, Lapangan Banteng, Pejambon lalu berputar di Tugu Tani, Balai Kota kemudian kembali masuk ke jalur koridor satu, halte BI hingga Blok M.

Namun, jika peserta unjuk rasa berada di depan gedung Balai Kota hingga menutup jalan, maka rute dari Jakarta Kota ke arah Blok M dilakukan perpendekan layanan hanya sampai halte Harmoni. Jadi, halte Monas untuk sementara tidak beroperasi.

Kemudian, untuk koridor dua, dari Harmoni ke arah Pulogadung yang biasanya melintas halte Monas, Balai Kota dialihkan melalui Pecenongan, Juanda, Pasar Baru, Lapangan Banteng, Pejambon, Tugu Tani, Kwitang, ke arah Pulo Gadung. Sebaliknya, rute dari Pulogadung ke arah Harmoni normal seperti biasanya.

“Untuk rute Ragunan hingga Monas dilakukan perpendekan rute hanya sampai Dukuh Atas. Penumpang tujuan Monas bisa transit di Dukuh Atas koridor satu kemudian turun di Halte BI,” kata dia.

Untuk rute Pantai Indah Kapuk, Monas hingga Balai Kota, dilakukan perpendekan rute hanya sampai Harmoni.

Prasetya kemudian menambahkan jika terjadi penumpukan penumpang di satu koridor atau halte maka pihak Transjakarta akan mengirimkan bus bantuan dari koridor lain atau bus cadangan.

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home