Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 17:39 WIB | Selasa, 10 Desember 2013

Kabupaten Karawang Alokasikan 35 Persen dari APBD untuk Pendidikan

Acara Pemantauan dan Penyerahan Bantuan Siswa Miskin (BSM) di Kantor Bupati Karawang, pada Senin kemarin (9/11) di Jawa Barat.

KARAWANG, SATUHARAPAN.COM - Bupati Karawang, Ade Swara mengatakan, alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Karawang untuk bidang pendidikan sudah mencapai 35 persen.

"Artinya ini sudah melebihi batas minimal angka menurut undang-undang yang 20 persen," kata Ade Swara saat memberikan sambutan di acara Pemantauan dan Penyerahan Bantuan Siswa Miskin (BSM) di Kantor Bupati Karawang, pada Senin kemarin (9/12) di Jawa Barat.

Menurut Ade Swara, Kabupaten Karawang sedang menjalankan akselerasi pembangunan di bidang pendidikan sebagai perwujudan misi pembangunan Kabupaten Karawang. Kabupaten Karawang juga mendukung pelaksanaan program Pendidikan Menengah Universal (PMU) dari pemerintah pusat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Salah satu bentuknya adalah dengan meluncurkan program Biaya Operasional Perawatan dan Fasilitas Sekolah (BOPF) pada tahun 2013. Selain itu, Kabupaten Karawang juga memberikan bantuan untuk siswa SMA dan SMK, baik negeri maupun swasta.

"Untuk SMA sebesar satu juta rupiah per siswa per tahun. Untuk SMK nonteknik sebesar 1.540.000 per siswa per tahun, dan untuk SMK teknik sebesar 1.840.000," rinci Bupati Karawang itu.

IPM Kabupaten Karawang 70,76

Dalam kesempatan itu, Ade Swara mengungkapkan, saat ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Karawang mencapai 70,76. Sedangkan angka indikator pendukung pada bidang pendidikan sebesar 93,26, dengan rata-rata lama sekolah sebesar 7,15.

Sementara itu, terkait dengan BSM, Ade Swara mengatakan, selaku kepanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, ia dan jajaran Pemerintah Kabupaten Karawang menyambut baik kegiatan penyaluran BSM. Menurut dia, Program BSM merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap siswa yang kurang mampu.

"BSM diharapkan dapat meningkatkan akses pendidikan bagi siswa yang kurang mampu untuk dapat menikmati pendidikan yang layak," tutur Bupati Karawang itu.

Tahun ini, Kabupaten Karawang menjadi tuan rumah acara Pemantauan dan Penyerahan Bantuan Siswa Miskin (BSM) di tiga kabupaten di Jawa Barat, yaitu Karawang, Bekasi dan Purwakarta. Acara Pemantauan dan Penyerahan BSM di Kantor Bupati Karawang juga dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, Anggota Komisi XI DPR RI, Ade Komaruddin, Anggota BPK, Bahrullah Akbar dan Agus Joko Pramono, Dirjen Pendidikan Dasar, Hamid Muhammad dan Dirjen Pendidikan Menengah, Achmad Jazzidie. (Kemdikbud)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home