Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 15:54 WIB | Jumat, 16 Agustus 2024

Kasu Cacar Monyet Ditemukan di Swedia dan Pakistan

WHO mengkonfirmasi kasus pertama mpox di luar Afrika saat wabah itu menyebar. Di Pakistan pasien diketahui baru datang dari Uni Emirat Arab.
Gambar yang disediakan oleh Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular ini menunjukkan mikrograf elektron transmisi berwarna dari partikel cacar monyet (merah) yang ditemukan dalam sel yang terinfeksi (biru), yang dikultur di laboratorium yang diambil dan ditingkatkan warnanya di Fasilitas Penelitian Terpadu NIAID di Fort Detrick, Md. Kenya dan Republik Afrika Tengah mengumumkan wabah baru cacar monyet pada hari Rabu, 31 Juli 2024, saat pejabat kesehatan Afrika berlomba-lomba untuk membendung penyebaran penyakit tersebut di wilayah yang kekurangan vaksin. (Foto: AP)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Kamis (15/8)  mengonfirmasi bahwa kasus infeksi virus mpox (cacar monyet) di Swedia terkait dengan wabah di Afrika, tanda pertama penyebarannya di luar benua itu sehari setelah WHO menyatakan penyakit itu sebagai darurat kesehatan masyarakat global.

Pejabat kesehatan Swedia mengatakan pada konferensi pers bahwa orang tersebut terinfeksi saat berada di Afrika dengan jenis mpox klade Ib yang terlibat dalam wabah baru-baru ini. Orang tersebut sedang menerima perawatan.

"Kasus di Swedia ini merupakan peringatan bagi otoritas kesehatan masyarakat untuk waspada dan menerapkan strategi pengawasan dan pelacakan kontak yang kuat untuk mendeteksi kemungkinan kasus baru sejak dini," kata Dr. Jonas Albarnaz, seorang ahli virus cacar di The Pirbright Institute, dalam sebuah pernyataan.

Dr. Brian Ferguson dari Universitas Cambridge mengatakan kasus pada seorang pelancong Swedia itu mengkhawatirkan tetapi tidak mengejutkan, mengingat tingkat keparahan dan penyebaran wabah di Afrika.

“Kemungkinan akan ada lebih banyak kasus di sini dan di belahan dunia lain karena saat ini tidak ada mekanisme yang berlaku untuk menghentikan kasus mpox impor,” katanya.

Pada hari Rabu, WHO menyatakan wabah di Afrika sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional atau PHEIC setelah kasus di Republik Demokratik Kongo menyebar ke negara-negara terdekat. PHEIC adalah tingkat kewaspadaan tertinggi WHO.

Kelompok vaksin global Gavi mengatakan kepada Reuters bahwa mereka memiliki hingga US$500 juta untuk dibelanjakan guna memberikan vaksin ke negara-negara yang terkena dampak wabah mpox yang meningkat di Afrika.

Baik pejabat Amerika Serikat maupun Kanada mengatakan bahwa mereka belum mengidentifikasi kasus apa pun sejauh ini. “Ini adalah kasus mpox klade I pertama yang dilaporkan di luar benua Afrika,” kata juru bicara CDC, David Daigle, dalam sebuah pernyataan, yang mencatat bahwa lembaga tersebut mengawasi wabah tersebut dengan saksama.

CDC baru-baru ini mengeluarkan pembaruan Jaringan Peringatan Kesehatan dan Pemberitahuan Kesehatan Perjalanan yang diperbarui untuk memberi tahu dokter, pelancong, dan mitra kesehatan masyarakat AS tentang penyebaran mpox klade I ke negara-negara yang secara historis tidak melaporkan kasus mpox

Klade Ib, jenis virus di balik wabah saat ini, adalah varian baru klade I yang endemik di Kongo. Klade Ib tampaknya menyebar lebih mudah melalui kontak dekat rutin, termasuk kontak seksual.

Mpox klade I cenderung menyebabkan lebih banyak infeksi parah dan memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi daripada mpox klade II, menurut pejabat kesehatan AS.

Pada tahun 2022, WHO mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat atas wabah mpox yang disebabkan oleh klade II, yang menyebabkan lebih dari 95.000 kasus di 115 negara non-endemik.

"Seseorang yang mencari perawatan" di Stockholm "telah didiagnosis dengan mpox yang disebabkan oleh varian klade I. Ini adalah kasus pertama yang disebabkan oleh klade I yang didiagnosis di luar benua Afrika," kata WHO.

Orang tersebut terinfeksi selama kunjungan ke "bagian Afrika tempat terjadi wabah besar mpox klade I," kata ahli epidemiologi negara bagian, Magnus Gisslen, dalam pernyataan tersebut.

Pasien "telah menerima perawatan," kata Gisslen. Badan tersebut menambahkan bahwa Swedia "memiliki kesiapan untuk mendiagnosis, mengisolasi, dan merawat orang dengan mpox dengan aman."

"Fakta bahwa pasien dengan mpox dirawat di negara tersebut tidak memengaruhi risiko terhadap populasi umum, risiko yang saat ini dianggap sangat rendah oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC)," katanya.

Wabah di Republik Demokratik Kongo telah menewaskan 548 orang sejak awal tahun.

Cacar monyet adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang ditularkan ke manusia oleh hewan yang terinfeksi tetapi juga dapat ditularkan dari manusia ke manusia melalui kontak fisik yang dekat.

Penyakit ini menyebabkan demam, nyeri otot, dan lesi kulit seperti bisul yang besar.

Kasus di Pakistan

Kementerian Kesehatan Pakistan telah mengonfirmasi setidaknya satu kasus virus mpox pada seorang pasien yang baru kembali dari negara Teluk, katanya pada hari Jumat (16/8), saat otoritas kesehatan provinsi melaporkan bahwa mereka telah mendeteksi tiga kasus.

Seorang juru bicara kementerian kesehatan mengatakan bahwa pengurutan kasus yang dikonfirmasi sedang berlangsung, dan tidak akan jelas varian mpox mana yang diderita pasien hingga prosesnya selesai.

Bentuk baru virus tersebut telah memicu kekhawatiran global karena tampaknya menyebar lebih mudah melalui kontak dekat yang rutin.

Sebelumnya pada hari Jumat, departemen kesehatan di provinsi Khyber Pakhtunkhwa utara mengatakan tiga kasus telah terdeteksi pada pasien yang baru saja tiba dari Uni Emirat Arab. Tidak jelas apakah pasien yang dikonfirmasi oleh kementerian kesehatan pusat termasuk di antara ketiganya.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Pakistan, Sajid Shah, mengatakan sejauh ini mereka belum memiliki konfirmasi mengenai varian baru tersebut, tetapi pengurutan sampel pasien yang dikonfirmasi sedang berlangsung.

"Setelah itu selesai, kami akan dapat mengatakan jenis apa ini," kata Shah.

Salim Khan, direktur jenderal layanan kesehatan untuk Khyber Pakhtunkhwa, mengatakan tiga pasien sedang dikarantina. (Reuters/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home