Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 10:15 WIB | Senin, 09 Desember 2013

Kecelakaan Picu Kerusuhan di Singapura

Kawasan padat dan ramai Little India di Singapura. (Foto: it.wikipedia.org)

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM - Ratusan pekerja asal Asia Selatan melakukan kerusuhan di Singapura pada Minggu (8/12) malam setelah terjadi kecelakaan di jalan, menyebabkan 10 petugas polisi terluka dan sedikitnya enam kendaraan rusak, kata polisi.

Kepolisian menginformasikan, kerusuhan bermula di distrik padat Little India ketika seseorang tewas setelah ditabrak bus. Identitas korban belum diungkapkan.

Sekitar 400 orang di tempat kejadian menyerang kendaraan polisi setelah para petugas segera merespons kecelakaan tersebut.

Gambar dan video di media sosial menunjukkan sedikitnya dua kendaraan termasuk sebuah ambulans terbakar, sementara dua kendaraan polisi terlihat dibalikkan oleh massa.

Polisi mengatakan beberapa kendaraan pribadi juga rusak dalam kejadian tersebut.

Situasi itu kini sudah berada di bawah kendali setelah Komando Operasi Khusus dan Gurkha yang bekerja sama dengan polisi tiba di tempat kejadian.

Kerusuhan langka di negara tertib itu terjadi di area yang biasanya dipenuhi dengan ribuan pekerja, yang sebagian besar berasal dari anak benua India, pada hari libur mereka.

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Dalam Negeri Teo Chee Hean dalam suatu pernyataan mengatakan, “Ini adalah insiden serius yang menyebabkan banyak orang terluka dan merusak properti publik.”

Situasi tersebut kini sudah berada di bawah kendali. Polisi akan berusaha keras untuk menangkap para subjek yang terlibat dalam kerusuhan tersebut.

Singapura sangat bergantung pada buruh impor, dengan tenaga kerja dari Asia Selatan mendominasi beberapa sektor seperti sektor konstruksi.

Banyak orang memadati distrik Little India pada Minggu untuk berbelanja, menikmati makanan dan minuman. (AFP/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home