Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 17:16 WIB | Rabu, 18 September 2013

KPK Periksa Tujuh Saksi Korupsi Pengadaan Instalasi IT Perpus UI

Ruang baca depan Ruang Naskah di Gedung Perpustakaan UI, Depok. (Foto: lib.ui.ac.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Rabu ini (18/9) kembali memeriksa para saksi terkait kasus pengadaan instalasi infrastruktur Informasi Teknologi (IT) Gedung Perpusatakan Pusat (Perpus) Universitas Indonesia (UI) tahun anggaran 2010 hingga 2011.

Kali ini, tujuh orang saksi sekaligus diagendakan oleh KPK untuk menjalani pemeriksaan. Mereka itu di antaranya: mantan karyawan SBU Komputer dan Suplai PT. Makara Mas Subhan Abdul Mukti dan tiga orang dari PT Datascrip Muhammad Fansuri Tumanggor dan Duenma Aliando Hutagaol, serta Sales Manager Agus Sutanto.  Selain itu, KPK juga menghadirkan mantan rektor UI Gumlar Rusliwa Somantri, Dir. Utama PT. Ikonexi Dharma Alfred Alprindo Ambarita dan Dir. PT. Dewi Perdana Internasional Irawan Widjaja.

Pada awal pekan ketiga ini, KPK terus meminta sejumlah keterangan saksi guna memenuhi berkas penyidikan tersangka Tafsir Nurchamid (Wakil Rektor Universitas Indonesia bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Administrasi Umum). Tafsir sebagai pejabat yang mengatur penggunaan anggaran diduga telah menyalahgunakan wewenangnya dalam proyek pengadaan IT di perpustakaan UI. Atas perbuatannya, Tafsir disangkakan pasal dua (2) ayat 1 atau Pasal tiga (3) tentang Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada tahun 2012 yang lalu menemukan konsultan fiktif dalam pengadaan IT di perpustakaan UI tahun 2010 hingga 2011 dengan anggaran sekitar Rp 21 miliar. BPK mengungkapkan modusnya pengelola seakan-akan menyerahkan pengadaan kepada perusahaan konsultan tertentu. Akan tetapi, praktiknya pengadaan dilakukan orang dalam karyawan UI.

Gedung Perpustakaan UI atau yang dikenal dengan Crystal of Knowledge terdiri dari delapan lantai dan beberapa bangunan yang berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan. Fasilitas di gedung ini dibagi menjadi dua, yakni fasilitas umum dan fasilitas perpustakaan. Fasilitas umum dikelola oleh Direktorat Fasilitas dan Umum UI sedangkan fasilitas perpustakaan dikelola Perpustakaan UI (lib.ui.ac.id).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home