Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta 07:34 WIB | Rabu, 11 September 2013

Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Italia Kalahkan Republik Ceko 2-1

Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Italia Kalahkan Republik Ceko 2-1
Mario Balotelli (kaus biru, Italia, no.9) melesakkan bola ke gawang Petr Cech (Rep. Ceko) lewat titik penalti (foto-foto: figc.it)
Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Italia Kalahkan Republik Ceko 2-1
Petr Cech (kaus abu-abu) menggagalkan upaya Di Maggio (Italia, kaus biru) mencetak gol
Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Italia Kalahkan Republik Ceko 2-1
Giorgio Chiellini (kaus biru, no.5) mencetak gol kemenangan Italia lewat sundulan diantara kawalan pemain-pemain Republik Ceko.
Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa: Italia Kalahkan Republik Ceko 2-1
Usaha Balotelli mencetak gol gagal, setelah tendangannya melewati dua bek Rep Ceko (no.5, Jiracek) dan Kozak (no.6)

TORINO, SATUHARAPAN.COM – Italia akhirnya berhasil mengalahkan tamunya Republik Ceko 2-1 pada Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa Grup B yang berlangsung di Stadion Juventus, Torino, pada Rabu (11/9) dini hari WIB.

Republik Ceko bukannya tanpa perlawanan, sepanjang pertandingan penguasaan bola berimbang sama-sama 50%. Bahkan tim tamu, Republik Ceko mampu mencetak gol lebih dahulu.

Pada awal pertandingan, beberapa kesempatan emas diraih kedua kesebelasan. Rep. Ceko mengawali kesempatan emas mencetak gol pertama lewat gelandang Lubor Kozak pada menit ke-9 setelah menerima umpan gelandang lainnya, Milan Jiracek, yang menempatkan Kozak dapat berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Italia, Gianluigi Buffon. Akan tetapi, umpannya tersebut sia-sia, karena Kozak terjebak posisi offside.

Giliran Italia yang mulai menemukan ritme permainan, setelah Mario Balotelli yang pada pertandingan sebelumnya tidak dimainkan sekarang memberi kontribusi nyata, pada menit ke-13 Balotelli berhasil menuntaskan umpan dari Chielini sayang masih dapat ditepis Petr Cech, dan hanya berbuah tendangan pojok bagi Italia.

Italia yang terus menerus menekan pertahanan Ceko kesulitan menembus pertahanan Republik Ceko, walau beberapa kali serangan Italia mampu merepotkan pertahanan Republik Ceko sebelum akhirnya mereka kecolongan lewat serangan balik Republik Ceko pada menit ke-19, saat Republik Ceko membuka skor pada menit ke-19 melalui gol yang dicetak oleh gelandang, Kozak. Berawal dari umpan yang tepat oleh gelandang, Tomas Rosicky memberikan umpan terobosan kepada Milan Jiracek di sisi kiri penyerangan Italia dan kemudian melepaskan crossing. Sontekan Kozak tidak mampu diantisipasi oleh Buffon. Ceko unggul 0-1 atas tuan rumah Italia.

Tuan rumah Italia seolah tidak ingin dipermalukan di hadapan pendukungnya sendiri, pada menit 24, Mario Balotelli yang menerima umpan dari bek kanan Italia, Giaccherini di sisi kanan pertahanan Rep. Ceko, penyerang klub AC Milan ini melepaskan tendangan dari posisi yang tak terkawal para pemain bertahan Republik Ceko, sayang sepakannya masih membentur tiang gawang.

Republik Ceko balas menyerang, lima menit kemudian gelandang bertahan, Darida bersama dengan pengatur serangan, Tomas Rosicky membangun serangan ke jantung pertahanan Italia, namun bola masih bisa dipotong dengan baik oleh tekel dari gelandang bertahan Italia, Daniele De Rossi.

Pada babak pertama untuk sementara Italia tertinggal satu gol setelah Labor Kozak membobol gawang Buffon di menit ke-19. Italia bukan tanpa peluang, beberapa kali peluang emas didapat oleh Mario Balotelli, sayang sepertinya keberuntungan masih belum berpihak pada tuan rumah.

Babak kedua Italia semakin rapat mengunci permainan, dan tidak membiarkan Republik Ceko mengembangkan permainan, ini terbukti pada menit ke-50 tatkala umpan satu-dua diperagakan oleh penyerang Italia, Balotelli dan gelandang Italia Osvaldo, namun bola masih bisa dipotong oleh pemain bertahan Republik Ceko, Kolar. Satu menit kemudian Italia benar-benar berhasil menguasai permainan, dan mendapat keberuntungan setelah pemain bertahan, Giorgio Chiellini menyamakan kedudukan. Berawal dari sepak pojok di sisi kanan gawang Republik Ceko, sundulan Chiellini memanfaatkan bola tendangan sudut Pirlo sukses membobol gawang Petr Cech.

Dua menit kemudian situasi benar-benar menjadi milik Italia, saat wasit menunjuk titik putih setelah pemain bertahan Gebre Selassie menjatuhkan penyerang, Balotelli di dalam kotak penalti Republik Ceko. Penalti sukses dieksekusi Mario Balotelli, sehingga kedudukan menjadi 2-1 bagi Italia.

Lima menit tersisa sebelum para pemain Italia bisa merayakan keberhasilan mereka menginjakan kaki ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil.

Pada tambahan waktu, peluang didapat oleh Republik Ceko, sontekan Kozak memanfaatkan umpan silang dari sisi kiri masih berhasil diamankan penjaga gawang, Gianluigi Buffon.

Keadaan semakin buruk bagi Ceko setelah pada babak tambahan waktu selaam tiga menit tersebut, pemain belakang Republik Ceko, Daniel Kolar dikeluarkan wasit dari lapangan pertandingan karena pemain Ceko itu mendapat kartu kuning kedua setelah mengganjal Balotelli yang tengah beraksi. Ceko yang semangatnya mulai runtuh pun semakin putus asa dengan sepuluh pemain.

Dengan hasil kemenangan ini, Italia secara otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil walau masih tersisa dua laga. Italia saat ini memimpin klasemen Grup B dengan poin 20, tak terkejar lagi oleh Bulgaria.

Susunan pemain:

Italia: Buffon; Bonucci, De Rossi, Chiellini; Maggio, Montolivo, Pirlo, Pasqual; Candreva, Giaccherini; Balotelli

Pemain Cadangan Italia: Marchetti, Sirigu, Astori, Ogbonna, Florenzi, Thiago Motta, Verratti, Diamanti, Gilardino, El Shaarawy, Osvaldo, Insigne

Republik Ceko: Cech; Gebre Selassie, Sivok, Suchy, Limbersky; Prochazka; Plasil, Darida, Rosicky; Jiracek, Kozak

Pemain Cadangan: Vaclik, Drobny, Kadlec, Vanek, Kusnir, Husbauer, Kolar, Rabusic, V Kadlec, Lafata (goal.com/ soccerway.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home