Loading...
BUDAYA
Penulis: Melki 20:14 WIB | Sabtu, 17 Agustus 2024

Merah Putih Terbentang di Puncak Gunung Ciremai

Para pecinta alam saat membentangkan bendera Merah Putih di tebing kawah Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat, Sabtu (17/8/2024). (HO-BPBD Kuningan)

KUNINGAN, SATUHARAPAN.COM - Komunitas pecinta alam bersama beberapa organisasi pemerintah daerah membentangkan Bendera Merah Putih di puncak Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat, untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia.

"Kegiatan ini dilakukan hari ini di puncak Gunung Ciremai melalui jalur Linggarjati, dengan bendera berukuran 6x9 meter yang dibentangkan, tepatnya pada tebing kawah,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan Indra Bayu di Kuningan, Sabtu (17/8).

Ia mengatakan, kegiatan pembentangan bendera ini merupakan inisiatif dari komunitas Top Ranger and Mountain Pathfinder (TRAMP), dengan dukungan penuh dari Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dan pemerintah daerah, termasuk BPBD.

Indra menjelaskan, teknis pembentangan bendera, dilakukan beberapa orang profesional yang telah berpengalaman, dengan menggunakan peralatan yang sesuai standar keselamatan.

Para pecinta alam itu, kata dia, menuruni tebing kawah untuk membentangkan bendera, setelah sebelumnya dilakukan seremoni pengibaran sederhana di puncak gunung.

"Prosesi ini berlangsung sangat khidmat, dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum bendera dibentangkan," ujarnya.

Indra menuturkan, kegiatan yang dihadiri sekitar 50 peserta di puncak Gunung Ciremai tersebut, menjadi salah satu bentuk perayaan kemerdekaan yang berbeda dan penuh makna.

Terlebih, Gunung Ciremai merupakan gunung dengan puncak tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian mencapai 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

"Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk turut menjaga dan melestarikan ekosistem Gunung Ciremai, sekaligus memaknai peringatan kemerdekaan dengan cara yang lebih mendalam," tuturnya.

Menurutnya, kolaborasi pada kegiatan ini sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk memperkuat upaya pelestarian lingkungan di kawasan Gunung Ciremai.

Pemkab Kuningan mendorong berbagai program konservasi, termasuk penanaman pohon dan rehabilitasi lahan kritis di sekitar kawasan Gunung Ciremai.

“Harapannya, kegiatan seperti ini dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk terlibat dalam menjaga kelestarian alam," ucap dia.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home