Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 20:29 WIB | Selasa, 12 November 2013

Misi Mars India Pulih dari Masalah Mesin

Mangalyaan pesawat penjelajah India menuju planet Mars siap diluncurkan. (Foto: dari aljazeera.com)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM - Pesawat antariksa Mars milik India “berhasil” naik ke orbit yang lebih tinggi di sekeliling Bumi pada Selasa pagi, setelah sempat terjadi masalah pada mesinnya dalam upaya sebelumnya, kata badan antariksa India.

Mars Orbiter Mission, yang meluncur pada 5 November untuk melakukan perjalanan selama 11 bulan ke Planet Merah, diluncurkan dengan metode “katapel” yang tidak biasa untuk perjalanan antarplanet.

Karena roketnya kurang besar untuk langsung meluncur ke luar atmosfer dan gaya gravitasi Bumi, pesawat antariksa India itu mengorbit Bumi hingga akhir bulan ini sambil membangun energi untuk menghimpun percepatan yang cukup untuk melepaskan diri.

Pada Selasa, pesawat antariksa itu merampungkan reposisi keempat untuk membawanya sejauh 100.000 kilometer dari Bumi, setelah mesin pendorongnya bermasalah pada Senin, menyebabkan pengambilalihan ke mode auto-pilot.

“Manuver peluncuran ke orbit keempat yang dilakukan Mars Orbiter Spacecraft...berhasil dirampungkan,” kata Indian Space Research Organisation (ISRO) dalam sebuah pernyataan.

Tiga manuver awal yang melibatkan penambahan bahan bakar ke dalam mesin roket sukses dijalankan pekan lalu.

ISRO mengatakan sedikit masalah mesin pada Senin bukanlah suatu kemunduran bagi misi ambisius yang berbiaya rendah tersebut. (AFP/Ant)
 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home