Loading...
RELIGI
Penulis: Putu Ayu Bertyna Lova 14:52 WIB | Selasa, 06 Agustus 2013

MUI: Sidang Itsbat Penentuan Idul Fitri Digelar Rabu Sore

kiri, Menteri Agama RI, Drs. H. Surya Dharma Ali, M.Si - kanan, Ketua dan Kordinator Harian Pengurus Majelis Ulama Indonesia Pusat, Dr. KH. Ma’ruf Amin (dok: MUI)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Agama RI, Drs. H. Surya Dharma Ali, M.Si mengatakan sidang itsbat untuk menentukan tanggal 1 Syawal 1434 Hijriyah atau Idul Fitri akan digelar pada Rabu (7/8) sore. Sebelumnya akan dilakukan rukyat atau melihat bulan dengan mata telanjang.

Jika hilal bisa terlihat pada Rabu sore, maka ditetapkan Idul Fitri jatuh pada Kamis (8/8). Jika ternyata hilal tidak bisa terlihat di seluruh kawasan karena berbagai faktor seperti mendung tebal dan lain-lain, maka Idul Fitri akan jatuh pada Jumat (9/8).

“Ini bedanya penganut hisab dengan rukyat. Penganut hisab akan langsung menentukan 1 Syawal seuai hitungan falakiyah. Tetapi, penganut rukyat tidak demikian. Hisab hanya sekedar dijadikan petunjuk awal kapan kita melaksanakan rukyat. Nanti kita akan lihat, apakah bulan atau hilal bisa terlihat atau tidak. Kalau terlihat, ya lebaran. Tapi kalau ga bisa terlihat karena mendung atau lain-lain, maka kita sempurnakan hitungan bulan menjadi 30 hari,” kata Surya pada Selasa (6/8) di Jakarta.

Hal senada dikemukakan Ketua dan Kordinator Harian Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Dr. KH. Ma’ruf Amin. Menurutnya, dalam menentukan Idul Fitri, sebagaimana juga awal Ramdhan, tetap dilakukan melalui rukyat atau melihat bulan dengan mata telanjang. Kalaupun secara hisab memungkinkan untuk dilihat, tetap kita harus melihatnya pada waktunya. Hal itu sebagaimana dianjurkan oleh Rasulullah.

Namun, Surya maupun Kiai Ma’ruf sama-sama memprediksi Idul Fitri tahun ini akan serentak dan bersamaan sesuai dengan perhitungan hisab. Yakni posisi hila sudah di atas dua derajat. Sedang batas minimal bagi kelompok penganut rukyat adalah minimal dua derajat, hilal memungkinkan bisa dilihat. (mui.or.id)

 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home