Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:42 WIB | Selasa, 10 September 2024

Negosiator: Peluang Kesepakatan Sandera Hamas Hampir Nol, AS Juga Pesimistis

Negosiator: Peluang Kesepakatan Sandera Hamas Hampir Nol, AS Juga Pesimistis
Para pengunjuk rasa berkumpul di Begin Street, Tel Aviv, dekat markas besar IDF untuk menyerukan kesepakatan guna membebaskan sandera yang ditawan Hamas di Gaza, hari Minggu, 8 September 2024. (Foto: Gerakan Pro Demokrasi/Danor Aharon via ToI)
Negosiator: Peluang Kesepakatan Sandera Hamas Hampir Nol, AS Juga Pesimistis
Keluarga Avera Mengistu memperingati 10 tahun sejak ia diculik Hamas di Gaza, di Hostages Square, Tel Aviv, 8 September 2024. (Foto: Avshalom Sassoni/Flash90 via ToI)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Keluarga Israel dari para sandera Hamas dilaporkan diberitahu bahwa kesepakatan tidak mungkin terjadi karena Benyamin Netanyahu, Yahya Sinwar sama-sama bersikap keras. Sementara Amerika Serikat menunda pengajuan proposal baru, tidak ingin memberi penghargaan kepada Hamas setelah eksekusi enam sandera.

Peluang kesepakatan gencatan senjata untuk pembebesan sandera bertahap dicapai berdasarkan proposal Israel pada bulan Mei adalah "hampir nol" dan ada "pesimisme yang sangat luas" di antara para negosiator Israel, Channel 12 melaporkan pada hari Minggu (8/9), mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya di lembaga keamanan Israel.

AS, yang telah mengindikasikan bahwa pihaknya berencana untuk mengajukan proposal penghubung baru dalam dua atau tiga hari ke depan, sekarang dianggap tidak mungkin melakukannya, tambahnya.

Laporan tersebut mengutip rasa frustrasi yang sangat besar di antara para negosiator Israel yang, katanya, hingga baru-baru ini percaya bahwa setidaknya mungkin untuk mencapai kesepakatan antara Israel dan para mediator yang kemudian akan disampaikan kepada Hamas.

Namun, konferensi pers Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam bahasa Ibrani pada hari Senin lalu, di mana ia berulang kali bersikeras mempertahankan kendali IDF atas Koridor Philadelphia di sepanjang perbatasan Gaza-Mesir — sebuah sikap yang tidak disebutkan dalam proposal Mei yang disetujui Netanyahu — “mengubur” peluang kesepakatan semacam itu. Pemimpin Hamas, Yahya Sinwar, kemudian mengeraskan posisinya, kata laporan itu.

Prospek kemajuan semakin terpuruk ketika Menteri Keuangan, Bezalel Smotrich, mengatakan dalam sebuah wawancara pada hari Sabtu (7/9) malam bahwa Philadelphia bukan satu-satunya “garis merah” baginya, dan bahwa ia juga menentang penarikan IDF dari Koridor Netzarim dan pembebasan tahanan keamanan Palestina yang menjalani hukuman atas pembunuhan.

Pada dasarnya, kata laporan itu, posisi yang ditetapkan oleh Smotrich, kepala partai Zionisme Religius sayap kanan yang merupakan elemen penting dalam koalisi Netanyahu, “menghapus” proposal Mei Israel.

Channel 12 mengutip seorang sumber yang mengetahui negosiasi tersebut dengan mengatakan: “Tampaknya proposal saat ini tidak akan membuahkan hasil saat ini. Tidak ada prospek kesepakatan bertahap.”

Jaringan tersebut mengatakan seorang negosiator senior Israel telah memberi tahu keluarga sandera bahwa “bahkan fase pertama” dari kesepakatan tersebut — gencatan senjata selama enam pekan di mana sekitar 30 perempuan, anak-anak, orang tua, dan sandera yang sakit akan dibebaskan — kemungkinan besar tidak akan terjadi saat ini.

“Satu-satunya jalan ke depan adalah mengakhiri perang,” kata negosiator tersebut, seraya menambahkan: “Teruslah bertindak untuk mendapatkan dukungan publik guna mengakhiri perang.”

Laporan TV tersebut mengutip sumber-sumber di lembaga pertahanan yang menyebut situasi saat ini “sangat menentukan,” juga, sehubungan dengan wilayah utara, karena tidak adanya kesepakatan juga dapat berarti meningkatnya permusuhan dengan Hizbullah, yang oleh beberapa pihak dinilai mungkin setuju untuk menghentikan serangannya jika kesepakatan Israel-Hamas tercapai.

Channel 12 menambahkan bahwa keluarga sandera dengan kewarganegaraan ganda Israel-Amerika juga mendengar bahwa pemerintahan Joe Biden kurang optimistis dibandingkan sepekan yang lalu, ketika mereka diberi tahu bahwa mereka sedang bekerja keras dan cepat untuk mengajukan proposal baru.

Upaya itu sedang berlangsung, tetapi mediator AS tidak ingin mengajukan proposal baru kecuali atau sampai mereka melihat tanda-tanda kemajuan yang potensial. Untuk saat ini, mereka mendesak sesama mediator Qatar dan Mesir untuk melihat "apa saja batasan Hamas," kata laporan itu.

Mengutip pejabat Gedung Putih, sementara itu, Axios melaporkan bahwa Presiden AS, Joe Biden, ingin mengajukan proposal baru, tetapi para pembantu utamanya berpikir itu tidak akan membuahkan hasil, karena desakan Netanyahu agar Israel mengendalikan Koridor Philadelphia, dan peningkatan jumlah teroris Palestina yang dituntut Yahya Sinwar sebagai imbalan atas para sandera.

Biden juga tidak ingin membuat konsesi apa pun yang tampaknya akan memberi penghargaan atas pembunuhan enam sandera oleh Hamas baru-baru ini, kata para pejabat itu.

Pejabat AS yang dikutip oleh Axios mengatakan ada "pesimisme yang signifikan" di Gedung Putih setelah Hamas menuntut agar Israel membebaskan 100 pembunuh dipenjara seumur hidup lebih banyak daripada yang telah disepakati.

Seorang pejabat mengatakan kepada Axios bahwa "orang-orang di Gedung Putih sedih, kesal, dan frustrasi" atas kondisi perundingan tersebut. "Kami masih bekerja, tetapi kami tidak akan menyampaikan apa pun dalam waktu dekat," kata pejabat tersebut. "Kami berada dalam posisi yang sulit."

Sandera Yang Dibunuh Berjuang Melawan Pembunuh Mereka

Laporan pesimistis tersebut muncul saat media Ibrani juga merinci kondisi buruk tempat keenam sandera yang dibunuh itu ditahan, dan perlawanan yang mereka lakukan saat para penculik bersiap mengeksekusi mereka.

Menurut Channel 12, Laksamana Muda Daniel Hagari, juru bicara IDF, telah memberi pengarahan kepada beberapa keluarga sandera tentang hari-hari dan momen terakhir orang yang mereka cintai.

Keenam orang itu ditahan di sebuah terowongan kecil dan sangat sempit, selebar hanya dua orang, dan terlalu rendah bagi mereka untuk berdiri tegak sepenuhnya, kata laporan itu, seraya menambahkan bahwa kurangnya ventilasi udara membuat para sandera sulit bernapas.

Dilaporkan tidak ada toilet atau pancuran di terowongan itu, dan para sandera mandi dengan air dari botol yang mereka minum. Batangan protein ditemukan di dalam terowongan, namun para sandera hanya memiliki sedikit makanan — dan kehilangan berat badan hingga mencapai titik salah satu dari mereka, Eden Yerushalmi yang berusia 24 tahun, beratnya hanya 36 kilogram (80 pon).

Terowongan itu dikatakan memiliki sebuah generator, sebuah lampu senter kecil yang rusak, satu set catur, alat tulis, dan buku catatan. IDF telah memberikan buku catatan tersebut kepada masing-masing keluarga, kata laporan itu.

IDF yakin mereka dibunuh sekitar 10 hari yang lalu — sehari atau lebih sebelum IDF sampai ke terowongan itu, kata laporan itu. "Beberapa dari keenam orang itu dinilai telah membela diri dan melawan orang-orang yang menembak mereka," tambahnya.

Sebuah laporan dari Channel 13 mengutip temuan "forensik" yang menunjukkan "Hersh, Ori, Alex, dan Almog membela Eden dan Carmel."

Para sandera "melakukan segalanya untuk bertahan hidup dalam keadaan yang mustahil," anggota dari satu keluarga yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Channel 12, "dan, pada akhirnya, Hamas membunuh mereka." “Satu-satunya tuntutan mereka adalah agar pemerintah menyelamatkan mereka, dan pemerintah gagal dalam misinya,” kata mereka.

Protes Harian Herus Berlanjut

Hari Minggu (8/9) malam, keluarga dan pendukung sandera melancarkan demonstrasi harian kedua berturut-turut di Begin Street, Tel Aviv, di luar markas besar IDF di Tel Aviv, saat kabinet keamanan bersiap untuk bersidang di sana.

Di dekatnya, di Lapangan Sandera Tel Aviv, para aktivis dan keluarga sandera memperingati 10 tahun penahanan warga sipil Israel Avera Mengistu.

Mengistu, 37 tahun, warga sipil Israel kelahiran Ethiopia, memasuki Jalur Gaza atas kemauannya sendiri pada tahun 2014, saat menderita masalah kesehatan mental yang parah, dan ditangkap oleh Hamas.

Unjuk rasa tersebut menampilkan pidato dari ayah Mengistu, Agarnesh Mengistu, serta saudaranya Ilan; Shirley Nesher, tentara pengintai yang melihat Avera melintasi perbatasan ke Gaza pada tanggal 7 September 2014; dan Yael Adar, ibu dari Tamir Adar, yang terbunuh pada tanggal 7 Oktober dan jasadnya diculik ke Gaza.

“Sulit bagi saya untuk membayangkan bagaimana Anda menghabiskan 10 tahun dalam situasi ini,” kata Ilan Mengistu. “Ibu saya duduk setiap malam selama acara berita dan membolak-balik halaman untuk menemukan foto Anda. Dia berkata: ‘Saya tidak mengerti bahasanya, tetapi jika saya melihat fotonya, saya akan tahu mereka sedang membicarakannya, bahwa mereka belum melupakannya.”

Pengumuman IDF hari Minggu lalu bahwa mereka telah menemukan kembali enam jenazah sandera dari Gaza memicu demonstrasi besar-besaran pada hari itu dan Sabtu (7/9) di luar markas besar IDF, di Begin Street, Tel Aviv. Setiap demonstrasi menarik ratusan ribu orang, menurut penyelenggara.

Keluarga sandera dan pendukung mereka juga mulai mengadakan protes harian yang lebih kecil di tempat yang sama, yang masing-masing menarik sekitar 2.000 orang, dan ini berlanjut pada hari Minggu (8/9).

Sementara itu di Washington, DC, beberapa warga Israel berunjuk rasa di luar rumah Mike Herzog, duta besar Israel untuk AS, mendesaknya untuk secara terbuka menuntut kesepakatan penyanderaan.

Protes tersebut menampilkan Boaz Atzili, sepupu Aviv Atzili, yang jasadnya ditahan Hamas di Gaza setelah membunuhnya di Kibbutz Nir Oz pada 7 Oktober.

Rekaman di media sosial menunjukkan Atzili memberi tahu beberapa lusin pengunjuk rasa tentang sebuah insiden pada hari Selasa, di mana Herzog dilaporkan menolak untuk hadir dalam acara peringatan untuk enam sandera yang dibunuh di sinagoge Adas Israel di Washington karena ia tidak akan diizinkan untuk berbicara.

Sebagai tanggapan, para pengunjuk rasa meneriakkan, dalam bahasa Ibrani, "malu" — sebuah nyanyian populer pada unjuk rasa antipemerintah di Israel.

Diyakini bahwa 97 sandera yang diculik selama serangan Hamas pada 7 Oktober masih berada di Gaza, termasuk jasad dari sedikitnya 33 orang yang dikonfirmasi tewas oleh IDF. Ribuan teroris yang dipimpin Hamas menyerbu Israel selatan untuk membunuh hampir 1.200 orang dan menyandera 251 orang.

Hamas membebaskan 105 warga sipil selama gencatan senjata selama sepekan pada akhir November, dan empat sandera dibebaskan sebelum itu.

Delapan sandera telah diselamatkan oleh pasukan dalam keadaan hidup, dan jenazah 37 sandera juga telah ditemukan, termasuk tiga orang yang secara keliru dibunuh oleh militer saat mereka mencoba melarikan diri dari para penculik mereka. (ToI)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home