Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:24 WIB | Selasa, 24 September 2013

Nelson Mandela Dianugerahi Penghargaan Kemanusiaan

Nelson Mandela menerima penghargaan Humanitarian Achievement Award 2013. (Foto: thehindu.com)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, menerima penghargaan Humanitarian Achievement Award (Penghargaan Kemanusiaan) di South South Awards 2013 (Penghargaan Selatan Selatan 2013), yang diserahkan di New York, pada Minggu (22/9).

Mandela diberi penghargaan tersebut karena kontribusinya terhadap kerjasama dan pembangunan yang berkelanjutan di wilayah Selatan Selatan. Selain itu, penghargaan ini juga ditujukan untuk perjuangannya dalam hal hak asasi manusia. Penghargaan tersebut diterima oleh anak perempuan Mandela yaitu Zindzi Mandela dan Josina Machel, menantu perempuannya.

Dalam kata sambutan, selain mengungkapkan kebanggaannya pada Mandela, mereka juga menekankan penghargaan tersebut untuk memperluas lagi kerjasama dengan negara-negara berkembang.

Istri Mandela, Graca Machel juga mendedikasikan hidupnya untuk memajukan dan memperjuangkan kebudayaan, pendidikan anak-anak dan hak-hak perempuan.

Nelson Mandela (95), sekarang masih menderita infeksi paru-paru. Saat ini ia sedang dirawat secara intensif di Johannesburg sejak dipindahkan dari rumah sakit Pretoria pada tanggal 1 September lalu.

Tema dari acara tahunan tersebut adalah inovasi dan teknologi untuk perkembangan berkelanjutan. Penghargaan ini menyoroti prestasi negara-negara di Selatan dan mengakui pemimpin sektor publik dan swasta yang berkontribusi secara signifikan terhadap kerja sama Selatan Selatan dan pembangunan berkelanjutan.

Penerima penghargaan di sektor publik tahun ini adalah Kosta Rika, Kerajaan Bahrain dan Fiji.

Dalam sambutannya pada acara penghargaan yang bertabur bintang tersebut, Duta Franciz Lorenzo, Presiden Organisasi Internasional untuk kerjasama Selatan Selatan dan ketua komite penghargaan, menggarisbawahi peran penting teknologi informasi dan komunikasi sebagai alat untuk pembangunan.

“Penghargaan tersebut tidak hanya menjembatani antara sektor publik dan swasta, tetapi juga memberi kita kesempatan untuk melayani sebagai fasilitator dalam memperkuat kerjasama di negara berkembang,” kata Duta Franciz Lorenzo.

Penghargaan Selatan Selatan 2013 ini diselenggarakan atas kerjasama antara Perwakilan Tetap Antigua dan Barbuda ke PBB, International Telecommunication Union (ITU), United Nations Public Administration Network (UNPAN), Komite Pengarah Selatan-Selatan untuk Pembangunan Berkelanjutan (SS-SCSD), Organisasi Internasional untuk Kerjasama Selatan-Selatan (IOSSC) dan Berita Selatan-Selatan.  (thehindu.com)

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home