Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:28 WIB | Selasa, 25 Juli 2023

Pasukan Keamanan Irak Sita Satu Juta Pil Captagon

Foto dari halaman Facebook resmi Kementerian Dalam Negeri Irak pada 16 Juli 2023, menunjukkan juru bicara Kementerian Dalam Negeri Irak, Jenderal Saad Maan, (kanan) memeriksa peralatan untuk membuat pil captagon dan tas berisi pil. (Foto: AFP)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM-Pasukan keamanan Irak pada hari Senin (24/7) mengumumkan penyitaan hampir satu juta pil captagon milik "pedagang asing", saat negara itu bergulat dengan perdagangan narkoba yang merajalela.

Pihak berwenang di Irak, saluran informasi utama tentang obat jenis amfetamin, secara teratur mengumumkan operasi semacam itu di mana captagon dalam jumlah besar disita, seringkali berasal dari Suriah yang memiliki perbatasan yang rapuh sepanjang 600 kilometer (370 mil).

Pasukan keamanan nasional di Bagdad menangkap "seorang pengedar narkoba asing" dan menyita sejumlah besar narkoba yang disembunyikan di sebuah truk yang "berencana untuk dibawanya ke provinsi utara", menurut sebuah pernyataan.

Pernyataan itu tidak menyebutkan kewarganegaraan tersangka.

Pada 16 Juli, kementerian dalam negeri juga melaporkan penemuan laboratorium manufaktur captagon langka di selatan negara itu.

Itu adalah pengumuman pertama dari jenisnya di negara di mana konsumsi narkoba telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir tetapi produksinya hampir tidak ada.

Beberapa hari sebelumnya, pihak berwenang telah mengumumkan pembubaran "jaringan perdagangan narkoba internasional" dan penangkapan tiga anggotanya.

Mereka menyita, selama operasi, dua juta pil captagon di provinsi di selatan, Muthanna, di perbatasan dengan Arab Saudi.

Pemerintah di wilayah tersebut baru-baru ini meningkatkan upaya untuk menindak penyelundupan setelah negara-negara Teluk yang kaya minyak, target pasar utama untuk captagon, menyatakan ketidaksenangan mereka atas perdagangan tersebut. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home