Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 15:38 WIB | Rabu, 17 Juli 2024

PBB: Banyaknya Konflik Global di Tahun 2023 Hambat Vaksinasi pada Anak

Seorang anak diberikan vaksin kolera selama kampanye vaksinasi dari rumah ke rumah di Sanaa, Yaman, 14 September 2019. (Foto: dok. Reuters)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Semakin banyak anak-anak yang tidak mendapat vaksinasi penting untuk penyakit seperti difteri, tetanus, dan batuk rejan tahun lalu karena meningkatnya konflik di seluruh dunia yang menghambat pasokan vaksin penyelamat jiwa, terutama di wilayah yang dilanda konflik, kata PBB pada hari Senin (15/7).

Sekitar 14,5 juta anak gagal mendapatkan vaksinasi pada tahun 2023, dibandingkan dengan 13,9 juta pada tahun sebelumnya, menurut perkiraan PBB. Namun, jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan saat pandemi COVID-19, ketika sekitar 18 juta anak tidak mendapatkan vaksinasi.

PBB juga mengatakan bahwa ada tambahan 6,5 juta anak yang gagal menerima lebih dari satu dosis vaksin, yang berarti mereka tidak terlindungi sepenuhnya.

Perkiraan tersebut didasarkan pada berapa banyak anak yang menerima dosis pertama atau ketiga dosis vaksin DTP, suntikan utama yang melindungi terhadap difteri, tetanus, dan pertusis, yang juga dikenal sebagai batuk rejan.

Masalah di 20 Negara Yang Dilanda Konflik

Secara total, 84 persen bayi di seluruh dunia menerima pengobatan penuh pada tahun lalu, di bawah tingkat yang diperlukan untuk mencegah wabah penyakit.

Negara-negara yang terkena dampak perang khususnya mengalami lonjakan besar dalam jumlah anak-anak yang tidak diimunisasi pada tahun 2023, kata Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada konferensi pers pekan lalu, sebelum merilis data vaksin tersebut.

Penurunan cakupan vaksinasi terbesar secara global terjadi di Sudan, yang telah hancur akibat perang saudara selama 15 bulan. Tingkat cakupannya turun menjadi 57 persen pada tahun 2023 dari 75 persen pada tahun 2022.

Hal ini berarti hampir 701.000 anak di Sudan tidak menerima vaksinasi sama sekali terhadap penyakit mematikan seperti campak dan difteri.

Jumlah anak-anak yang gagal mendapatkan imunisasi di wilayah pendudukan Palestina meningkat menjadi 17.000 selama sembilan bulan tahun lalu berdasarkan data yang tersedia hingga September dari 1.000 pada tahun 2021, kata badan tersebut.

Sudan, Yaman, dan Afghanistan merupakan pendatang baru dalam daftar 20 negara dengan anak-anak yang paling banyak tidak divaksinasi, atau “dosis nol”, pada tahun 2023.

Lebih dari separuh anak-anak di dunia yang tidak menerima vaksinasi tinggal di negara-negara yang rentan, rentan terkena dampak konflik, meskipun negara-negara tersebut hanya menyumbang 28 persen dari kelompok kelahiran global, kata UNICEF.

Ada beberapa hal positif dalam laporan PBB. Misalnya, terdapat sekitar 600.000 lebih sedikit anak-anak “dosis nol” di wilayah Afrika pada tahun 2023 dibandingkan pada tahun 2022, dan cakupan vaksin HPV, yang melindungi terhadap kanker serviks, juga meningkat secara global. Ukraina juga mengalami kemajuan meskipun berperang dengan Rusia. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home