Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 16:54 WIB | Rabu, 05 November 2014

Pembangunan Turap Sungai Antisipasi Banjir Jakarta

Pembangunan Turap Sungai Antisipasi Banjir Jakarta
Pembangunan pembenahan turap sungai di sejumlah titik di Jakarta masih terus dikerjakan sebagai upaya mengantisipasi banjir tahunan. Salah satunya pembangunan turap di sungai yang terletak di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Rabu (5/11) tampak sejumlah pekerja sedang sibuk bekerja dilokasi pembangunan. (Foto-foto: Dedy Istanto).
Pembangunan Turap Sungai Antisipasi Banjir Jakarta
Pagar turap sungai yang sudah terpasang di pinggir dinding sungai yang telah dikerjakan di bawah pengawasan Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Pusat.
Pembangunan Turap Sungai Antisipasi Banjir Jakarta
Salah satu pekerja saat duduk menunggu ditiang pancang yang terbuat dari beton dilokasi pembangunan turap sungai di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat.
Pembangunan Turap Sungai Antisipasi Banjir Jakarta
Dua pekerja tampak sibuk saat proses pemasangan tiang pancang turap yang terbuat dari bahan beton di sungai yang terletak di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat.
Pembangunan Turap Sungai Antisipasi Banjir Jakarta
Pembangunan pembenahan turap sungai disejumlah titik di Jakarta merupakan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengatasi banjir di Jakarta.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Mengantisipasi musim hujan yang akan tiba pembangunan turap di sejumlah sungai di Jakarta terus dikerjakan. Salah satunya pembangunan turap di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Rabu (5/11). Pengerjaan turap dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai upaya mengatasi banjir.

Pembangunan turap di bawah pengawasan Suku Dinas Pekerjaan Umum (Sudin PU) Tata Air Jakarta Pusat dilakukan dalam rangka memperbaiki kondisi turap sungai yang sudah ada sebelumnya. Anggaran untuk pembangunan tersebut mencapai sekitar Rp 600 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

Kontruksi turap menggunakan batu kali menjadi sheetpile beton kokoh yang dipasangkan pada dinding pinggir sungai menggunakan alat berat. Untuk sungai di Jalan Abdul Muis karena letaknya di pusat kota maka dibuat lebih kokoh dan agak tinggi dari sebelumnya. Pengerjaan turap dilakukan disejumlah titik sungai di Jakarta diantaranya Rawa Kerbo, Citarum, Utan Kayu, Kali Sentiong, Kali Cideng dan Kali Zainal Arifin.

Pembenahan turap sungai disejumlah wilayah Jakarta merupakan bagian upaya dari pemerintah provinsi DKI untuk mengatasi banjir tahunan. Menurut Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan musim penghujan akan terjadi di Jawa pada pertengahan bulan November ini.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home