Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Kartika Virgianti 20:00 WIB | Rabu, 02 Oktober 2013

Pemprov DKI dan Kementerian BUMN Kerjasama Tanggulangi Banjir Jakarta

Sungai Ciliwung (Foto: setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemprov DKI Jakarta bersama Kementerian BUMN mengadakan proyek kerjasama dalam menanggulangi banjir Jakarta dan penyediaan air minum. Penandatanganan MoU (memorandum of understanding) dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo yang mewakili Pemprov DKI Jakarta, dan Menteri BUMN, Dahlan Iskan, di Balai Kota, Rabu (2/10) siang.

MoU ini berisi tentang sinergi BUMN dan BUMD dalam penanggulangan banjir Jakarta dan pemenuhan kebutuhan air bersih. Latar belakangnya karena seringnya banjir yang menimpa Jakarta yang disebabkan oleh banjir kiriman dari Bogor melalui sungai Ciliwung, maka perlu dilakukan pengendalian debit banjir yaitu pembangunan waduk  di Bogor dengan membuat bendung secara kaskade terasering pada beberapa lokasi di sepanjang aliran sungai ciliwung.

Manfaatnya dapat mengurangi banjir Jakarta, menampung air untuk penyediaan air bersih, dan pengembangan daerah hulu sungai ciliwung. Proyek ini akan dilaksanakan dalam kurun waktu dua tahun.

Kementerian BUMN diwakili oleh PT. Hutama Karya dan PT. Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA), dan Pemprov DKI Jakarta diwakili oleh BUMD yaitu PT. Pembangunan Jaya dan PAM Jaya.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home