Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 00:13 WIB | Jumat, 03 Januari 2014

Penumpang Kapal yang Terjebak di Antartika Diselamatkan

Kelompok pertama dari penumpang Akademik Shokalskiy tiba di permukaan aman dari Antartika, Kamis (2/1). Semua penumpang kapal berhasil dipindahkan dengan helikopter China ke permukaan es di dekat kapal penyelamat Australia Aurora Australis, Kamis, setelah kapal Rusia itu terjebak dalam es laut lepas Antartika. (Foto: dari xinhuanet.com/Zhang Jiansong)

SYDNEY, SATUHARAPAN.COM - Kelima puluh dua penumpang diangkut melalui udara pada Kamis (2/1) dari sebuah kapal riset Rusia yang terjebak es di Antartika dan dalam keadaan selamat di dalam sebuah kapal pemasok Australia, kata tim penyelamat.

“Aurora Australis sudah memberi tahu AMSA bahwa kelima puluh dua penunpang Akademik Shokalsky sudah berada di dalam kapal,” kata Australian Maritime Safety Authority (Badan Keselamatan Maritim Australia/AMSA).

Para penumpang diterbangkan ke kapal Australia secara berkelompok yang terdiri dari 12 orang, dengan menggunakan sebuah helikopter dari kapal pemecah es China.

Akademik Shokalsky terjebak dalam es sejak 24 Desember di jarak 100 mil laut di sebelah timur pangkalan Dumont d'Urville Prancis, dengan beberapa upaya dari kapal pemecah es gagal mencapainya.

Setelah sejumlah upaya evakuasi sebelumnya, sebuah evakuasi menggunakan helikopter terhadap penumpang kapal riset tersebut dimulai pada Kamis malam, dengan pejabat mengonfirmasi bahwa helikopter itu sedang berupaya mencapai AMSA pada pukul 18.15 waktu Australia (07:15 GMT).

Badan Australia tersebut, yang mengkoordinasi misi penyelamatan itu, melaporkan semua penumpang dalam keadaan selamat dalam kapal Aurora Australis – sebuah kapal pemasok milik pemerintah Australia – pada pukul 22:12 waktu setempat, sekitar empat jam kemudian. (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home