Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 08:34 WIB | Sabtu, 20 Juli 2024

Penyerang Klaim Berhak Melihat Catatan Pribadi Salman Rushdie, Pengadilan Menolak

Hadi Matar, yang didakwa melakukan penikaman terhadap penulis Salman Rushdie, mendengarkan saat dakwaan di Gedung Pengadilan Chautauqua County di Mayville, N ew York, hari Kamis,18 Agustus 2022. Rushdie tidak perlu menyerahkan catatan pribadinya tentang penikamannya pada tahun 2022 kepada pria yang dituduh melakukan penikaman menyerangnya, hakim memutuskan Kamis, 18 Juli 2024, menolak anggapan tersangka penyerang bahwa dia berhak atas materi tersebut saat dia bersiap untuk persidangan. (Foto: dok. AP/Joshua Bessex)

MAYVILLE-NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Penulis Salman Rushdie tidak perlu menyerahkan catatan pribadi tentang penikamannya kepada orang yang dituduh menyerangnya. Hakim memutuskan pada hari Kamis (18/7), menolak anggapan tersangka penyerang bahwa dia berhak atas materi tersebut saat dia mempersiapkan diri menghadapi pengadilan.

Pengacara Hadi Matar pada bulan Februari memanggil Rushdie dan penerbit Penguin Random House untuk semua materi sumber yang terkait dengan memoar Rushdie yang baru-baru ini diterbitkan: “Knife: Meditations After an Attempted Murder,” yang merinci serangan tahun 2022 di Chautauqua Institution. Pembela Umum Nathaniel Barone mengatakan materi yang ia cari mengandung informasi yang tidak tersedia di tempat lain.

“Anda bisa mendapatkannya dari buku,” Hakim Distrik Chautauqua David Foley mengatakan kepada Barone selama argumen pada hari Kamis (18/7), sebelum memutuskan permintaan tersebut terlalu luas dan memberatkan. Selain itu, kata hakim, Rushdie dan penerbitnya dilindungi oleh undang-undang Shield di New York, yang melindungi jurnalis dari keharusan mengungkapkan sumber atau materi rahasia.

Mewajibkan Rushdie untuk menyerahkan materi pribadi “akan berdampak pada menjadikan Tuan Rushdie sebagai korban untuk kedua kalinya,” kata Elizabeth McNamara, pengacara Penguin Random House, saat meminta agar panggilan pengadilan tersebut dibatalkan.

Matar, dari Fairview, New Jersey, mengaku tidak bersalah atas penyerangan dan percobaan pembunuhan setelah didakwa oleh dewan juri Chautauqua County tak lama setelah pihak berwenang mengatakan dia bergegas ke panggung dan menikam Rushdie saat dia hendak berpidato di depan sekitar 1.500 orang di amfiteater di gedung pertunjukan di bagian barat New York.

Rushdie, 77 tahun, menghabiskan waktu bertahun-tahun dalam persembunyian setelah Ayatollah Khomeini, pemimpin tertinggi Iran, mengeluarkan fatwa, atau dekrit, pada tahun 1989 yang menyerukan kematiannya karena novelnya “The Setan Verses,” yang oleh sebagian Muslim dianggap menghujat. Selama dua dekade terakhir, Rushdie bepergian dengan bebas.

Juga pada hari Kamis, hakim menjadwalkan ulang persidangan Matar dari bulan September ke Oktober untuk mengakomodasi jadwal perjalanan Rushdie, dan jadwal perjalanan Direktur Kota Suaka Pittsburgh Henry Reese, yang menjadi moderator di kehadiran Chautauqua Institution dan juga terluka. Kedua pria tersebut diperkirakan akan memberikan kesaksian.

Pemilihan juri sekarang dijadwalkan dimulai 15 Oktober, kata Jaksa Wilayah Jason Schmidt. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home