Pertahankan Tanah, Petani Palestina Lakukan Perlawanan Damai
BETLEHEM, SATUHARAPAN.COM – Keluarga Kristen Palestina yang mengajarkan perlawanan anti-kekerasan dari sebuah ladang di Tepi Barat berjuang untuk mempertahankan tanah yang telah dimiliki selama 98 tahun. Sekarang tanah mereka dikelilingi permukiman Israel, tetapi keluarga ini adalah contoh hidup dari gagasan perlawanan damai.
Pada ladang mereka di luar Betlehem, Daher Nassar adalah memilih apel dari reruntuhan kebun yang ia tanam setidaknya delapan tahun lalu. Buah ini tersebar di seluruh tanah yang baru terbuka dan dipenuhi jejak bulldozer. Di pinggir ladang, cabang-cabang pohon muncul dari dalam gundukan tanah, kulit pohon terkelupas dan hancur, almond mentah masih menempel di pohon-pohon.
Pada 19 Mei lalu, seorang gembala Palestina dari desa Nahalin keluar usai subuh dan melihat bulldozer di tempat kerjanya di ladang, dijaga tentara Israel. Pada saat Nassar tiba, seluruh kebun—bagian terbaik dari pekerjaan satu dekade—lenyap. Bahasa Inggris-nya jauh dari fasih, tetapi rasa sakit dalam suaranya tetap terdengar: “Mengapa kau merusak pohon?”
Seorang juru bicara untuk otoritas militer Israel di Tepi Barat mengatakan pohon ditanam secara ilegal di atas tanah negara.
Adik Nassar itu, Amal, memiliki penjelasan berbeda. Pemerintah, bersama dengan pemukim Israel yang tinggal di sekitar ladang, “berusaha memancing kami untuk melakukan kekerasan atau mendorong kami untuk ladang,” katanya. Amal menegaskan bahwa keluarganya tidak akan bergerak dari tanah, tidak pula mereka meninggalkan komitmen mereka untuk perlawanan damai.
“Tidak ada yang bisa memaksa kita untuk membenci,” katanya. “Kami menolak untuk menjadi musuh.”
Anti-kekerasan
Kalimat itu, yang dicat di atas batu di pintu masuk ke ladang, pertama kali digunakan oleh ayahnya, Bishara Nassar. Jauh sebelum konsep anti-kekerasan menjadi dikenal luas di kalangan warga Palestina, ia mengajar anak-anaknya teori anti-kekerasan yang berakar pada keyakinan Kristen sendiri.
Bishara (“Injil”) Nassar masih kecil ketika ayahnya membeli tanah ini pada 1916. Bahkan pada waktu itu—saat Perang Dunia Pertama mengubah Timur Tengah dan Kekaisaran Ottoman tertatih-tatih berakhir—orang Kristen Palestina mulai berhijrah. Setelah perang 1948, eksodus orang Kristen dari Tepi Barat dipercepat, dan Bishara, yang adalah seorang pendeta dan pemain akordion yang berbakat, mulai melakukan perjalanan sepanjang desa terdekat, menyanyikan lagu-lagu dan memimpin pelajaran Alkitab di rumah-rumah keluarga. Musik dan cerita, pikirnya, mungkin memperdalam iman dan mengangkat semangat anak-anak Kristen Betlehem, mendorong mereka untuk tinggal.
Bishara juga datang untuk percaya bahwa komunitas Kristen memiliki peran khusus untuk memainkan peran membangun masa depan yang lebih damai.
“Ayah saya selalu berkata,” Kami tidak akan pernah mencapai perdamaian di Palestina dan Israel hanya dengan berjabat tangan—kita perlu bekerja pada orang, untuk memulai dengan akar rumput,” kata Amal Nassar. “Jadi apa yang kami lakukan sekarang, sebagai keluarga, yang memenuhi impian ayah saya bahwa orang dapat membangun jembatan, untuk berharap, untuk memahami, rekonsiliasi, dialog, untuk mencapai perdamaian. Ini adalah ide.”
Dipandu oleh visi itu, ia dan saudara-saudaranya telah mengubah pertanian menjadi pusat untuk perdamaian dan ketahanan non-kekerasan yang disebut Kemah Bangsa.
Selama lebih dari 20 tahun mereka telah mengadakan lokakarya di sini, menyambut mahasiswa Israel, rabi, dan aktivis perdamaian, serta kelompok-kelompok dari seluruh Eropa dan Amerika. Mereka menjalankan kamp musim panas untuk sekolah-sekolah lokal, mengajar anak-anak Palestina tentang non-kekerasan dan mendorong mereka untuk mengembangkan cinta untuk tanah dengan bekerja dan bermain di pertanian. Hal ini sangat penting, kata Amal Nassar, untuk generasi yang telah tumbuh di kamp-kamp pengungsi dan urban sprawl di belakang tembok pemisah Israel. Dia juga melatih perempuan Palestina di non-kekerasan, sementara ibunya - janda Bishara ini, Milada - memasak makanan tradisional untuk tamu hari itu.
Milada Nassar mengatakan suaminya akan bangga dengan apa yang diciptakan anak-anaknya. Namun dalam tahun-tahun sejak kematiannya pada tahun 1976, komitmen keluarga untuk non-kekerasan telah diuji dengan cara dia tidak pernah bisa membayangkan.
Permukiman Israel
Pada saat itu Tepi Barat telah berada di bawah kekuasaan militer Israel selama hampir satu dekade, dan pemukim Yahudi baru mulai pindah ke daerah selatan pertanian. Untuk sebagian besar, meskipun, perbukitan di sekitar tanah Bishara masih pedesaan terbuka, bertani oleh keluarga Palestina atau digunakan sebagai penggembalaan oleh gembala. Dalam 40 tahun sejak, permukiman Israel telah dibangun di setiap orang.
Ada lima pemukiman di total, terdekat begitu dekat bahwa suara para pemukim membawa di lembah ke ladang. Yang paling baru, Netiv Ha'avot, sedikit lebih dari strip rumah dikelilingi oleh gulungan kawat berduri dan dihiasi dengan bendera Israel. Yang terbesar, Beitar Illit, adalah sebuah kota lebih dari 40.000 orang, nyala lampu di lereng bukit di malam hari. Semuanya dianggap ilegal berdasarkan hukum internasional, meskipun Israel perselisihan ini.
Ketika mereka menyaksikan permukiman meningkat sekitar mereka pada 1980-an, keluarga Nassar mulai khawatir. Pertanian mereka berada di lokasi utama, dekat dengan jalan utama utara-selatan melalui Tepi Barat dan di tanah yang tinggi.
Pada 1991 ketakutan mereka dikonfirmasi. Pihak berwenang militer menyatakan bahwa lebih dari 90% dari pertanian sekarang milik Negara Israel. Gush Etzion, salah satu blok pemukiman terbesar di Tepi Barat, tampak mengatur untuk memperluas ke ladang Nassar.
Keluarga Nassar, meskipun, menolak untuk pergi, atau untuk melihat tanah dibagi. Dan hampir sendirian di antara petani Palestina, mereka memiliki dokumen-dokumen yang mereka butuhkan untuk meluncurkan banding di pengadilan Israel.
Pada 1924, menyadari bahwa Kekaisaran Ottoman selesai dan khawatir dengan meningkatnya ketegangan antara Arab dan Yahudi, ayah Bishara Nassar telah terdaftar miliknya dengan penguasa baru kekaisaran Palestina. Inggris mengeluarkan surat kepemilikan tanah yang ditetapkan ukuran dan batas-batas pertanian, dan ayah Bishara, yang adalah orang melek huruf, memegang dokumen. Hampir 70 tahun kemudian, kertas-kertas akan membentuk dasar dari kasus hukum yang telah di depan pengadilan Israel selama 23 tahun. Ini masih belum terselesaikan.
“Mereka tahu betul bahwa Palestina tidak mampu untuk mempertahankan tanah,” kata Amal Nassar, “sehingga mereka putus asa dan pergi.” Tapi keluarga kami telah entah bagaimana menemukan uang dan tekad untuk menjaga daya tarik mereka hidup.
Dipersulit Israel
Ketika mereka diberi tahu, setelah 10 tahun di pengadilan militer, pengacara Palestina mereka tidak memenuhi syarat untuk kasus di Mahkamah Agung Israel—karena ia membawa surat-surat identitas Tepi Barat—mereka menemukan sebuah perusahaan Israel bersedia untuk menerimanya. Ketika mereka diberi tahu untuk memberikan survei tanah, mereka menyewa (dengan biaya US $ 70.000/Rp 840 juta) surveyor Israel, dan mengirimnya untuk berkonsultasi peta dan dokumen dalam arsip kekaisaran London dan Istanbul. Ketika mereka diminta untuk membawa saksi-saksi untuk mendukung klaim mereka telah bertani lahan untuk tiga generasi, mereka menyewa bus untuk mengambil lebih dari 30 warga desa Palestina ke pengadilan militer di dekat Ramallah. “Kami harus menunggu lima jam di luar pengadilan di bawah matahari,” ingat Amal Nassar. “Dan kemudian, setelah lima jam, seorang prajurit keluar, mereka mengatakan, ‘Kami tidak ingin saksi, pulang ke rumah.’”
“Setiap kali mereka melihat Anda siap untuk memenuhi tuntutan mereka, mereka meminta [sesuatu] lebih dan lebih sulit, [sehingga] bahwa Anda mengatakan ‘Aku muak, aku tidak bisa.’ Ya, ini [adalah] selalu proses. Kita tahu itu. Ini adalah permainan untuk mendorong kita untuk meninggalkan. “
Cara Amal melihatnya, militer Israel dan para pemukim, setelah gagal untuk mengusir keluarga dengan cara hukum, sekarang berusaha untuk memaksa mereka keluar. Dia ingat pemukim yang menumbangkan 250 pohon zaitun muda pada 2002, dan yang secara permanen menutup jalan ke ladang dengan puing-puing. Perintah pembongkaran ditempel di pintu gerbang, mengancam untuk menghancurkan rumah dan air sumur keluarga Nassar. Para prajurit yang, pada tahun 2009, memaksa ibunya 72 tahun keluar dari tempat tidur di bawah todongan senjata di tengah malam dan membuatnya menunggu dalam dingin sementara mereka mencari pertanian.
Pihak berwenang Israel di Tepi Barat bersikeras bahwa dengan menghancurkan kebun keluarga Nassar dan posting perintah pembongkaran pada Tent of Nations, mereka hanya menegakkan peraturan perencanaan. “Kami tidak mengintimidasi keluarga,” kata seorang juru bicara CoGAT, badan yang bertanggung jawab untuk menerapkan kebijakan Israel di Tepi Barat. “Kami tidak melakukan apa pun langkah-langkah untuk mengancam keluarga. Kami menegakkan hukum.”
Militer Israel tidak menanggapi tuduhan tertentu yang dibuat oleh Keluarga Nassar, tetapi mereka juga membantah bahwa keluarga tunduk pada kampanye pelecehan: “Penegasan bahwa militer Israel berusaha untuk mengintimidasi sebagai sarana penggusuran yang lucu, dan kontradiksi mutlak kenyataan di lapangan di Yudea dan Samaria [Tepi Barat]. Realitas Yudea dan Samaria, di mana bertindak terorisme Palestina dan kekerasan ekstrem terus meningkat, menyajikan sebuah tantangan keamanan yang kompleks. Meskipun demikian, militer Israel tetap berkomitmen untuk memenuhi misinya menjaga keamanan dan stabilitas di kawasan itu, dengan cara yang sangat profesional berdasarkan moral dan kode etik yang berdiri sebagai pilar dari semua kegiatan militer Israel.”
Adik Amal Nassar itu, Daoud, tidak terkesan dengan kode moral dari orang-orang yang tumbang kebunnya. Tapi baik dia marah: “Kami bersedia untuk membangun masa depan yang lebih baik dengan cara non-kekerasan ... tanpa kebencian,” katanya. “Tanggapan kita terhadap ketidakadilan ini tidak akan pernah dengan kekerasan, dan kami tidak akan pernah menyerah dan pergi.”
Masuk dengan ‘Melawan Kekerasan dengan Kalimat Kasih’
Palestina memiliki kata yang menangkap penolakan ini untuk terprovokasi atau demoralisasi: sumud. Kadang-kadang diterjemahkan sebagai 'ketabahan', sumud digambarkan sebagai sikap keras kepala, tekad pasien untuk tetap di tanah dan untuk melanjutkan meskipun semua kesulitan hidup di bawah pendudukan militer.
Ini adalah kualitas diwujudkan oleh Daher Nassar, yang, bahkan saat ia berjalan melintasi lapangan bekas luka dan kosong, adalah membayangkan kebun dia akan memanen 10 tahun dari sekarang.
“Aku akan menanam lebih banyak pohon,” katanya. “Dua kali lipat.” (bbc.com)
Korban Pelecehan Desak Vatikan Globalkan Kebijakan Tanpa Tol...
ROMA, SATUHARAPAN.COM-Korban pelecehan seksual oleh pastor Katolik mendesak Vatikan pada hari Senin ...