Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 11:36 WIB | Jumat, 07 Juli 2023

Polisi Kalsel Tangkap Pria Praktik Ilegal Suntik Silikon

Keterangan pers tentang penangkapan pria yang menjalankan praktik suntik silikon ilegal. (Foto: Huma Polres Tapin)

BARITO, SATUHARAPAN.COM-Kepolisian Resor (Polres) Tapin berhasil menangkap pelaku seorang pria yang merupakan lulusan SMA asal Kabupaten Barito Kuala, Jumadi, karena membuka jasa suntik silikon ilegal di Kalimantan Selatan.

Kapolres Tapin, AKBP Sugeng Priyono, mengatakan praktik ilegal tersebut terkuak menyusul laporan seorang perempuan yang merupakan korban asal Kecamatan Candi Laras Utara, Tapin.

"Setelah disuntik oleh Madi (tersangka) yang terjadi adalah hidung dan dagu korban bernanah serta badan sakit, kepala pusing dan penglihatan kabur sampai dengan sekarang," kata Kapolres Tapin, dkutip Antara, hari Rabu (5/7/23).

Sugeng Priyono mengatakan bahwa saat ini, korban sudah berada di RSUD Datu Sanggul Rantau untuk menjalani perawatan akibat praktik ilegal tersebut.

Sementara itu, Kepala Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tapin, AKP Haris Wicaksono, menerangkan bahwa tersangka Jumadi membuka jasa suntik silikon untuk kecantikan perempuan dan pembesar alat kelamin pria itu sudah berjalan sekitar dua tahun.

"Hasil identifikasi kami, di Tapin baru satu orang yang menjadi korban," kata Kasatreskrim.

Haris Wicaksono mengungkapkan pihaknya sudah melakukan pengembangan dan sekarang sudah mengantongi nama orang yang memberikan sarana dan fasilitas kepada tersangka.

"Hasil interogasi kami sementara tersangka belajar dari seseorang inisial H di Banjarmasin, infonya dia juga sudah lama melakukan praktik tersebut," katanya.

Atas perbuatan yang dilakukannya pelaku terancam hukuman lima tahun kurungan penjara. Polisi menjerat dia dengan pasal 78 Jo pasal 73 Ayat ( 2 ) UU Nomor 29  tahun 2004 tentang praktek kedokteran dan pasal 83 Jo pasal 64 UU Nomor 36 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home