Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 21:02 WIB | Jumat, 06 Oktober 2023

Spanyol Selamatkan 262 Migran Afrika di Kepulauan Canary

Petugas penyelamat membawa jenazah setelah sebuah kapal yang membawa 46 migran dari wilayah Maghreb terbalik di pantai Orzola, di Pulau Canary Lanzarote, Spanyol 18 Juni 2021. (Foto: dok. Reuters)

MADRID, SATUHARAPAN.COM-Penjaga pantai Spanyol menyelamatkan 262 migran dengan tiga perahu yang mencoba mencapai Kepulauan Canary pada Jumat (6/10) dini hari di tengah lonjakan penyeberangan, tepat ketika para pemimpin Eropa bertemu di Spanyol untuk mencari cara menghindari krisis migrasi baru.

Italia dan Spanyol telah menyuarakan keprihatinan atas peningkatan imigrasi tidak teratur tahun ini ke pulau-pulau mereka di Mediterania atau Atlantik. Madrid mengatakan mereka tidak dapat mengatasi imigrasi tidak teratur tanpa bantuan dari Uni Eropa.

Layanan darurat mengatakan mereka telah membawa 103 dari 262 migran yang diselamatkan ke El Hierro, pulau paling barat dan terkecil di Kepulauan Canary, yang telah menerima lebih dari 1.200 migran dalam enam hari terakhir saja.

Pelayanan kesehatan di El Hierro, yang hanya memiliki 11.000 penduduk, kewalahan setiap kali kapal tiba di pelabuhan, kata kepala pemerintahan daerah Kepulauan Canary, Fernando Clavijo, pada hari Kamis (5/10).

Migran lainnya yang diselamatkan dibawa ke pelabuhan Los Cristianos di Tenerife dan Arguineguin di Gran Canaria.

Para migran tersebut berasal dari Afrika sub-Sahara, kata layanan darurat.

Kedatangan migran melalui laut ke Spanyol telah meningkat seperlima sepanjang tahun ini dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022, dengan lebih dari 3.500 migran mencapai Kepulauan Canary bulan lalu di tengah cuaca yang lebih sejuk dan laut yang lebih tenang, menurut statistik resmi.

Tujuh pulau di kepulauan Atlantik telah menjadi tujuan utama para migran yang berusaha mencapai Spanyol. Yang lain berupaya menyeberangi Mediterania ke daratan Spanyol. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home