Loading...
INSPIRASI
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 21:02 WIB | Senin, 17 Juni 2024

Sukses di Bidang Keuangan, Pamitra Wineka Bagikan Tips Mengelola Keuangan bagi Siswa

Pamitra Wineka , special staff CEO dan Commissioner of GOTO Financial serta komisaris independen dari PT Mineral Industri Indonesia alias MIND ID (Foto : pribadi)

Jakarta, Satuhapan.com- Pamitra Wineka merupakan salah satu tokoh muda berpengaruh Indonesia di bidang keuangan. Saat ini, Ia menjabat sebagai special staff CEO dan Commissioner of GOTO Financial serta komisaris independen dari PT Mineral Industri  Indonesia alias MIND ID.

Kesuksesan tersebut tentu dipengaruhi berbagai faktor penting, salah satunya sekolah. Pamitra Wineka atau yang akrab disapa Eka, merupakan alumnus dari SMPK 5 PENABUR dan SMAK 7 PENABUR.

Menurut Eka, BPK PENABUR Jakarta selalu konsisten dari masa ke masa dengan misinya, “Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal melalui pendidikan dan pengajaran bermutu berdasarkan nilai-nilai Kristiani”.

“Misi tersebut sangat berharga untuk diterapkan ke dalam pekerjaan, karena dunia kerja selain komunitas yang beragam, kerap kali terdapat realita yang membuat kita putus asa, kecewa, maupun jadi lupa diri ketika kita mencapai karir yang gemilang. Melalui visi dan misinya, BPK PENABUR Jakarta telah membentuk mental pelajar yang kuat dan iman yang teguh agar siap menghadapi dunia kerja yang begitu ‘colorful’.” ujar Eka.

Selama menjadi pelajar di BPK PENABUR Jakarta banyak kenangan manis yang dirasakan, tentang bagaimana guru-guru mendukungnya dalam berbagai perlombaan yang diikuti. Salah satu kompetisi yang masih diingat oleh Eka adalah lomba programming di Colose Canisius Cup dan IPEKA.

“Kala itu, saya adalah angkatan kedua. Saya ingat bagaimana guru-guru memperlakukan saya lebih dari sekedar murid dan itu sangat berkesan. Jadi dulu ketika mau lomba, Pak Teguh, guru Bahasa Inggris saya saat itu, mengantarkan saya dan bahkan mentraktir makan.  Saya juga didoakan bersama-sama ketika renungan pagi.” kenang Eka.

Eka juga masih ingat guru-guru yang marah dan menghukumnya ketika Ia melakukan kesalahan. Ada rasa sakit hati memang, tetapi kalau diingat-ingat itu adalah bentuk kepedulian guru terhadap siswa agar menjadi pribadi yang baik.

“Akhir-akhir ini saya mulai berkomunikasi dengan guru-guru saya dulu yang sudah pensiun. Saya sering mendapatkan pesan yang membangun dari mereka,” cerita Eka.

Selain aktif di bidang akademik, Eka juga aktif di bidang non akademik. Ia mengikuti ekstrakurikuler komputer, mempelajari tentang web design  dan pemrograman. Selain itu, Eka juga tergabung ke dalam ekstrakurikuler yang mengasah fisiknya, yaitu basket dan voli.

“Menurut saya, ekstrakurikuler adalah sarana yang baik untuk bisa bertemu dengan teman-teman sekelas bahkan dari angkatan lain. Jadi, tidak hanya fokus belajar dan berkomunikasi dengan teman satu kelas saja. Ekstrakurikuler juga bisa menjadi penunjang agar terbentuk soft skills pada siswa. Oleh karena itu, tidak ada alasan tidak punya waktu untuk mengikuti ekstrakurikuler, justru kita yang seharusnya bisa mengatur waktu agar bisa ikut ekstrakurikuler.” tutur Eka.

Tips mengelola keuangan

Sukses di bidang keuangan, Eka berpendapat seharusnya pengelolaan keuangan menjadi kewajiban di dalam pelajaran sekolah.

“Pengelolaan keuangan yang salah dapat menjadi penyebab utama perusahaan-perusahaan yang citranya baik menjadi hancur, keretakan rumah tangga, dan orang-orang yang bekerja keras banting tulang puluhan tahun pensiun tanpa punya uang. Maka dari itu, saya ingin membagikan tips bagi teman-teman sekalian,” ujar Eka.

  1. Segera ambil kelas money management termasuk belajar instrumen investasi dan memahami segala risikonya.
  2.  Hindari trap / jebakan lifestyle orang-orang yang boros dan korban trendy.
  3. Disiplin dalam memotong porsi tabungan/investasi dari penghasilan yang diterima setiap bulan.
  4. Investasi terbaik adalah investasi ke diri sendiri, dengan belajar hal baru, jaga kebugaran dan kesehatan, serta punya network yang baik.
  5. Memahami risiko sangat penting karena banyak tawaran investasi (dari iklan maupun teman terdekat) yang menarik, namun rule of thumb Eka adalah "if it is too good to be true, then it is not true", “Tidak ada apa pun yang mudah, buat cepat kaya, dan aman.” kata Eka.

Perjalanan karir Eka

Setelah lulus dari BPK PENABUR Jakarta, Eka melanjutkan pendidikan di Institut Teknologi Bandung (ITB), Indonesia program sarjana Matematika tahun 2005 dan di University of Illinois at Urbana Champaign, Amerika Serikat meraih gelar Master Matematika dengan fokus statistika pada tahun 2012.

Berikut perjalanan karir selengkapnya Pamitra Wineka :

  1. Special Staff to CEO dan Commissioner of GOTO Financial PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk sejak November 2023 sampai saat ini.
  2. Komisaris independen dari perusahaan BUMN PT Mineral Industri  Indonesia atau MIND ID di tahun 2024.
  3. Head of CEO Office, Independent Commissioner, dan chairman of risk oversight committee di PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) tahun 2019 - 2023.
  4. Commissioner dari PT Trimuda Nuansa Citra Tbk (TNCA) di tahun 2019 - 2020.                                                                     
  5. Co-founder & Commissioner tahun 2016-2021, Co-founder & CEO tahun 2021 - 2022 di PT Tani Group Indonesia (TaniHub Group)
  6. Senior Partner for Indonesia tahun 2016 - 2020, PT Akulaku Silvrr Indonesia (Akulaku Group)
  7. Intern (STT) di Washington DC, Amerika Serikat pada Agustus - Oktober 2012 dan Researcher (STC) di Jakarta, Indonesia, November 2012 - Mei 2016 untuk The World Bank Group.
  8. Intern di J.P Morgan, New York, Amerika Serikat pada Mei - Agustus 2012 dan di Danareksa Research Institute, Jakarta Indonesia pada April - Agustus 2010.

Eka turut membagikan tips sukses meraih karir gemilang seperti dirinya, kepada teman-teman yang saat ini masih menempuh pendidikan di BPK PENABUR Jakarta.

“Belajar dan punya nilai baik memang bukan jaminan sukses, namun sangat mempermudah jalan kita, karena dengan nilai yang bagus, kita bisa masuk ke kampus impian dan berteman dengan orang-orang yang setara bahkan lebih dari kita. Kemudian, dengan nilai bagus, kita juga jadi punya kesempatan bekerja di perusahaan yang citranya baik dengan rekan kerja yang high performer juga tentunya.” jelas Eka.

Eka mengajak siswa BPK PENABUR Jakarta untuk aktif di luar kegiatan belajar mengajar di kelas, semisal mengikuti ekstrakurikuler maupun organisasi seperti OSIS di sekolah.

“Hal tersebut menjadi penting karena sekarang ini juga dicari orang-orang yang multi talenta dan serba bisa dalam pekerjaan. Jika hanya jago di pelajaran saja, opsi karirnya agak sulit.” ungkap Eka.

Eka juga berpesan untuk menghindari perselisihan antar teman, karena membangun relasi yang baik sejak dini penting untuk perjalanan karir di masa depan, “Ingatlah untuk menerapkan nilai Kristiani dengan cara memaafkan dan mengasihi orang lain.” tutur Eka.

Pamitra Wineka merupakan salah satu alumni BPK PENABUR Jakarta yang memiliki profil lulusan BEST. Be Tough memiliki jati diri, spiritualitas  dan karakter Kristiani yang utuh dan tangguh. Excel Worldwide  menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, menguasai bahasa internasional dan memiliki jiwa kepemimpinan untuk tujuan positif.  Trust in God memiliki sikap mengandalkan Tuhan dan menunjukan sikap takut akan Tuhan dalam kehidupan keluarga, sekolah, gereja, dan masyarakat.

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home