Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:02 WIB | Selasa, 08 Agustus 2023

Tenggat Waktu Habis, Junta Militer Niger Tunggu Respons Militer Afrika Barat

Polisi Niger terlihat sebagai pendukung unjuk rasa untuk mendukung junta Niger di Niamey pada 30 Juli 2023. (Foto: dok. AFP)

NIAMEY, SATUHARAPAN.COM-Niger pada hari Senin (7/8) menunggu tanggapan dari blok regional Afrika Barat setelah para pemimpin kudeta di Niamey mengabaikan tenggat waktu untuk mengembalikan presiden yang digulingkan, sebuah langkah yang diperingatkan oleh blok tersebut dapat menyebabkannya untuk mengizinkan intervensi militer.

Komunitas Ekonomi Negara-negara Afrika Barat (ECOWAS) mengatakan akan mengeluarkan pernyataan tentang langkah selanjutnya sebagai tanggapan atas penolakan junta untuk menyerah pada tekanan eksternal untuk mundur pada hari Minggu (6/8) setelah perebutan kekuasaan 26 Juli.

Blok tersebut telah mengambil sikap keras terhadap kudeta ketujuh di kawasan itu dalam tiga tahun. Mengingat kekayaan uranium dan minyaknya serta peran pentingnya dalam perang dengan militan Islam, Niger juga penting bagi AS, Eropa, China, dan Rusia.

Pada hari Minggu saat tenggat waktu berakhir, junta menutup wilayah udaranya sampai pemberitahuan lebih lanjut, dengan alasan meningkatnya ancaman intervensi militer.

Eskalasi kebuntuan dengan ECOWAS akan semakin mengguncang salah satu wilayah termiskin di dunia, yang berada dalam cengkeraman krisis kelaparan dan memerangi pemberontakan yang telah menewaskan ribuan orang dan memaksa jutaan orang melarikan diri. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home