Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 16:12 WIB | Senin, 23 September 2024

Tentara Israel Serbu dan Tutup Kantor Berita Al Jazeera di Ramallah, Tepi Barat

Gambar yang diambil dari video yang disediakan oleh Al Jazeera English ini menunjukkan pasukan Israel menyerbu kantor mereka di Ramallah, Tepi Barat, hari Minggu, 22 September 2024. (Foto: Al Jazeera via AP)

RAMALLAH, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Israel menyerbu kantor jaringan berita satelit Al Jazeera di Tepi Barat yang diduduki Israel pada hari Minggu (22/9) dini hari, memerintahkan penutupan kantor berita tersebut di tengah meluasnya kampanye Israel yang menargetkan penyiar yang didanai Qatar tersebut saat meliput perang Israel-Hamas di Jalur Gaza.

Al Jazeera menayangkan rekaman pasukan Israel secara langsung di saluran berbahasa Arabnya yang memerintahkan penutupan kantor tersebut selama 45 hari. Hal ini menyusul perintah luar biasa yang dikeluarkan pada bulan Mei yang menyebabkan polisi Israel menyerbu posisi siaran Al Jazeera di Yerusalem Timur, menyita peralatan di sana, mencegah siarannya di Israel, dan memblokir situs webnya.

Langkah tersebut menandai pertama kalinya Israel menutup kantor berita asing yang beroperasi di negara tersebut. Namun, Al Jazeera terus beroperasi di Tepi Barat yang diduduki Israel dan di Jalur Gaza, wilayah yang diharapkan Palestina untuk menjadi negara masa depan mereka.

Militer Israel tidak menanggapi permintaan komentar dari The Associated Press. Al Jazeera mengecam tindakan tersebut sambil terus menyiarkan langsung dari Amman di negara tetangga Yordania.

Pasukan bersenjata Israel memasuki kantor dan memberi tahu seorang reporter yang sedang siaran langsung bahwa kantor tersebut akan ditutup, dengan mengatakan bahwa staf harus segera pergi.

Jaringan tersebut kemudian menayangkan apa yang tampak seperti pasukan Israel yang sedang merobohkan spanduk di balkon yang digunakan oleh kantor Al Jazeera.

Al Jazeera mengatakan bahwa spanduk tersebut memuat gambar Shireen Abu Akleh, seorang jurnalis Palestina-Amerika yang ditembak mati oleh pasukan Israel pada bulan Mei 2022.

"Ada putusan pengadilan untuk menutup Al Jazeera selama 45 hari," seorang tentara Israel mengatakan kepada kepala biro lokal Al Jazeera, Walid al-Omari, dalam rekaman langsung tersebut. "Saya meminta Anda untuk mengambil semua kamera dan meninggalkan kantor saat ini juga."

Al-Omari kemudian mengatakan bahwa pasukan Israel mulai menyita dokumen dan peralatan di biro tersebut, karena gas air mata dan suara tembakan dapat terlihat dan terdengar di area tersebut.

Palestina mengamankan pemerintahan sendiri yang terbatas di Gaza dan sebagian wilayah Tepi Barat yang diduduki melalui perjanjian Oslo tahun 1993. Sementara Israel menduduki dan mengendalikan sebagian besar wilayah Tepi Barat, Ramallah berada di bawah kendali politik dan keamanan Palestina sepenuhnya, sehingga serangan Israel terhadap kantor Al Jazeera menjadi jauh lebih mengejutkan.

Sindikat Jurnalis Palestina mengecam serangan dan perintah Israel tersebut. “Keputusan militer yang sewenang-wenang ini merupakan agresi baru terhadap pekerjaan jurnalistik dan outlet media,” katanya.

Otoritas Palestina mengelola sebagian wilayah Tepi Barat. Pasukannya diusir dari Gaza ketika Hamas merebut kekuasaan pada tahun 2007, dan tidak memiliki kekuasaan di sana.

Menteri Komunikasi Israel, Shlomo Karhi, kemudian menggambarkan serangan itu sebagai serangan yang mempengaruhi “corong Hamas dan Hizbullah,” milisi Syiah di Lebanon yang menjadi sasaran serangan Israel pada hari Minggu (22/9) setelah tembakan lintas batas dari para militan.

"Kami akan terus melawan saluran musuh dan memastikan keselamatan para pejuang heroik kami," tulis Karhi di platform sosial X. Ia tidak membahas kewenangan apa yang dikutip Israel untuk memerintahkan penutupan biro tersebut.

Komite Perlindungan Jurnalis yang berpusat di New York mengatakan bahwa mereka "sangat prihatin" dengan serangan Israel tersebut. "Jurnalis harus dilindungi dan diizinkan bekerja dengan bebas," katanya.

Jaringan tersebut telah melaporkan perang Israel-Hamas tanpa henti sejak serangan lintas batas pertama militan pada 7 Oktober dan telah meliput selama 24 jam di Jalur Gaza di tengah serangan darat Israel yang telah menewaskan dan melukai anggota stafnya. Masih belum jelas apakah militer Israel akan menargetkan operasi Al Jazeera di Gaza juga.

Meskipun menyertakan pelaporan di lapangan tentang korban perang, cabang Al Jazeera berbahasa Arab sering kali menerbitkan pernyataan video kata demi kata dari Hamas dan kelompok militan regional lainnya.

Hal itu telah menyebabkan klaim Israel oleh pejabat hingga Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bahwa jaringan tersebut telah "merusak keamanan Israel dan menghasut untuk melawan tentara."

Klaim tersebut telah dibantah keras oleh Al Jazeera, yang penyandang dana utamanya, Qatar, telah menjadi kunci dalam negosiasi antara Israel dan Hamas untuk mencapai gencatan senjata guna mengakhiri perang.

Perintah penutupan Al Jazeera di Israel telah diperbarui berulang kali sejak saat itu, tetapi hingga saat ini belum memerintahkan penutupan kantor Ramallah.

Pemerintah Israel telah mengambil tindakan terhadap wartawan perorangan selama beberapa dekade sejak didirikan pada tahun 1948, tetapi secara umum mengizinkan media yang riuh yang mencakup biro asing dari seluruh dunia, bahkan dari negara-negara Arab. Pemerintah juga memblokir siaran asing dari saluran berita Al Mayadeen yang berafiliasi dengan Hizbullah yang berkantor pusat di Beirut pada awal perang.

Kritik terhadap Al Jazeera bukanlah hal baru. Pemerintah Amerika Serikat secara khusus mengkritik penyiaran tersebut selama pendudukan Amerika di Irak setelah invasi tahun 2003 menggulingkan diktator Saddam Hussein dan karena menayangkan video mendiang pemimpin al-Qaeda Osama bin Laden.

Al Jazeera telah ditutup atau diblokir oleh pemerintah Timur Tengah lainnya. Yang paling menonjol pada tahun 2013, otoritas Mesir menggerebek sebuah hotel mewah yang digunakan oleh Al Jazeera sebagai pangkalan operasi setelah pengambilalihan militer yang menyusul protes massal terhadap Presiden Mohammed Morsi. Tiga anggota staf Al Jazeera dijatuhi hukuman penjara 10 tahun, tetapi dibebaskan pada tahun 2015 setelah mendapat kritik internasional yang meluas.

Perang Israel-Hamas dimulai ketika pejuang yang dipimpin Hamas menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dalam serangan pada tanggal 7 Oktober di Israel selatan. Mereka menculik 250 orang lainnya dan masih menyandera sekitar 100 orang. Kampanye Israel di Gaza telah menewaskan sedikitnya 41.000 warga Palestina, menurut Kementerian Kesehatan Gaza, yang tidak membedakan antara pejuang dan warga sipil.

Penutupan kantor Al Jazeera di Ramallah juga terjadi karena ketegangan terus meningkat atas kemungkinan perluasan perang ke Lebanon, tempat perangkat elektronik meledak minggu lalu dalam kemungkinan kampanye sabotase oleh Israel yang menargetkan milisi Syiah Hizbullah.

Ledakan hari Selasa dan Rabu (17-18/9) menewaskan sedikitnya 37 orang — termasuk dua anak-anak — dan melukai sekitar 3.000 lainnya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home