Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 14:20 WIB | Senin, 23 September 2024

TikTok Menghadapi Pengadilan di AS Yang Mungkin Menyebabkan Pelarangan

Gedung TikTok Inc. terlihat di Culver City, California, pada 17 Maret 2023. (Foto: dok. AP/Damian Dovarganes)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah Amerika Serikat dan TikTok berhadapan di pengadilan federal pada hari Senin (16/9) saat argumen lisan dimulai dalam kasus hukum penting yang akan menentukan apakah – atau bagaimana – platform media sosial populer yang digunakan oleh hampir setengah dari seluruh warga Amerika akan terus beroperasi di negara tersebut.

Pengacara dari kedua belah pihak akan hadir di hadapan panel hakim di pengadilan banding federal di Washington. TikTok dan perusahaan induknya yang berbasis di China, ByteDance, menantang undang-undang AS yang mengharuskan mereka memutuskan hubungan atau menghadapi pelarangan di AS pada pertengahan Januari. Pertarungan hukum tersebut diperkirakan akan mencapai Mahkamah Agung AS.

Undang-undang tersebut, yang ditandatangani oleh Presiden Joe Biden pada bulan April, merupakan puncak dari kisah panjang selama bertahun-tahun di Washington mengenai aplikasi berbagi video berdurasi pendek tersebut, yang oleh pemerintah dianggap sebagai ancaman keamanan nasional karena hubungannya dengan China.

Namun, TikTok berpendapat bahwa undang-undang tersebut melanggar Amandemen Pertama, sementara penentang lainnya mengklaim bahwa undang-undang tersebut mencerminkan tindakan keras yang terkadang terlihat di negara-negara otoriter di luar negeri.

Dalam dokumen pengadilan yang diserahkan selama musim panas, Departemen Kehakiman menekankan dua perhatian utama pemerintah. Pertama, TikTok mengumpulkan sejumlah besar data pengguna, termasuk informasi sensitif tentang kebiasaan menonton, yang dapat jatuh ke tangan pemerintah China melalui paksaan.

Kedua, AS mengatakan bahwa algoritme hak milik yang mendorong apa yang dilihat pengguna di aplikasi tersebut rentan terhadap manipulasi oleh otoritas China, yang dapat menggunakannya untuk membentuk konten di platform tersebut dengan cara yang sulit dideteksi.

TikTok telah berulang kali mengatakan bahwa mereka tidak membagikan data pengguna AS dengan pemerintah China dan bahwa kekhawatiran yang diajukan pemerintah tersebut tidak pernah terbukti.

Dalam dokumen pengadilan, pengacara TikTok dan perusahaan induknya berpendapat bahwa anggota Kongres berusaha menghukum platform tersebut berdasarkan propaganda yang mereka anggap ada di TikTok. Perusahaan-perusahaan tersebut juga mengklaim divestasi tidak mungkin dilakukan dan aplikasi tersebut harus ditutup paling lambat 19 Januari jika pengadilan tidak turun tangan untuk memblokir undang-undang tersebut.

“Bahkan jika divestasi dapat dilakukan, TikTok di Amerika Serikat akan tetap menjadi cangkang dari dirinya yang dulu, tanpa teknologi inovatif dan ekspresif yang menyesuaikan konten untuk setiap pengguna,” kata perusahaan-perusahaan tersebut dalam ringkasan hukum yang diajukan pada bulan Juni. “Itu juga akan menjadi pulau, mencegah warga Amerika bertukar pandangan dengan komunitas TikTok global.”

Para penentang undang-undang tersebut menekankan larangan tersebut juga akan menyebabkan gangguan dalam dunia pemasaran, ritel, dan dalam kehidupan banyak pembuat konten yang berbeda, beberapa di antaranya juga menggugat pemerintah pada bulan Mei.

TikTok menanggung biaya hukum untuk gugatan tersebut, yang telah digabungkan oleh pengadilan dengan pengaduan perusahaan dan yang lain yang diajukan atas nama kreator konservatif yang bekerja dengan lembaga nirlaba bernama BASED Politics Inc.

Meskipun alasan utama pemerintah untuk undang-undang tersebut bersifat publik, sebagian besar pengajuan pengadilannya mencakup informasi rahasia yang telah disunting dan disembunyikan dari pandangan publik.

Perusahaan telah meminta pengadilan untuk menolak pengajuan rahasia atau menunjuk hakim distrik yang dapat menyelidiki materi tersebut, yang ditentang pemerintah karena akan menyebabkan penundaan dalam kasus tersebut.

Jika diterima di pengadilan, para ahli hukum mengatakan pengajuan rahasia tersebut dapat membuat hampir mustahil untuk mengetahui beberapa faktor yang dapat berperan dalam putusan akhir.

Dalam salah satu pernyataan yang disunting yang diajukan pada akhir Juli, Departemen Kehakiman mengklaim TikTok menerima arahan dari pemerintah China tentang konten di platformnya, tanpa mengungkapkan detail tambahan tentang kapan atau mengapa insiden tersebut terjadi.

Casey Blackburn, pejabat senior intelijen AS, menulis dalam pernyataan hukum bahwa ByteDance dan TikTok "telah mengambil tindakan sebagai tanggapan" terhadap tuntutan pemerintah China "untuk menyensor konten di luar China."

Meskipun komunitas intelijen "tidak memiliki informasi" bahwa hal ini telah terjadi pada platform yang dioperasikan oleh TikTok di AS, Blackburn mengatakan ada risiko hal itu "mungkin" terjadi.

Dalam dokumen terpisah yang diserahkan ke pengadilan, DOJ mengatakan AS "tidak diharuskan menunggu sampai musuh asingnya mengambil tindakan merugikan tertentu sebelum menanggapi ancaman tersebut."

Namun, perusahaan-perusahaan tersebut berpendapat bahwa pemerintah dapat mengambil pendekatan yang lebih khusus untuk menyelesaikan kekhawatirannya.

Selama negosiasi berisiko tinggi dengan pemerintahan Biden lebih dari dua tahun lalu, TikTok memberikan rancangan perjanjian setebal 90 halaman kepada pemerintah yang memungkinkan pihak ketiga untuk memantau algoritme platform, praktik moderasi konten, dan pemrograman lainnya.

TikTok mengatakan telah menghabiskan lebih dari US$2 miliar untuk secara sukarela menerapkan beberapa tindakan ini, yang mencakup penyimpanan data pengguna AS di server yang dikendalikan oleh raksasa teknologi Oracle. Namun, kesepakatan itu tidak tercapai karena pemerintahPejabat pemerintah pada dasarnya meninggalkan meja perundingan pada bulan Agustus 2022.

Pejabat kehakiman berpendapat bahwa mematuhi rancangan perjanjian tersebut tidak mungkin, atau akan membutuhkan sumber daya yang besar, karena ukuran dan kompleksitas teknis TikTok.

Departemen Kehakiman juga mengatakan satu-satunya hal yang akan menyelesaikan kekhawatiran pemerintah adalah memutuskan hubungan antara TikTok dan ByteDance mengingat hubungan yang keropos antara pemerintah China dan perusahaan-perusahaan China.

Namun, beberapa pengamat bertanya-tanya apakah langkah tersebut akan mempercepat apa yang disebut "pemisahan" antara AS dan saingan strategisnya pada saat perusahaan-perusahaan lain yang didirikan China, seperti Shein dan Temu, juga membuat gebrakan besar di Barat. Minggu lalu, pemerintahan Biden mengusulkan aturan yang akan menindak produk bebas bea yang dikirim langsung dari China.

Sementara itu, ByteDance secara terbuka mengatakan TikTok tidak untuk dijual. Namun hal itu tidak menghentikan beberapa investor, termasuk mantan Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan miliarder Frank McCourt, untuk mengumumkan tawaran untuk membeli platform tersebut.

Namun, bahkan jika penjualan tersebut benar-benar terjadi, kemungkinan besar penjualan tersebut tidak akan menggunakan algoritma TikTok yang didambakan, sehingga menimbulkan tanda tanya besar apakah platform tersebut akan mampu menyajikan jenis video yang disesuaikan secara pribadi yang diharapkan oleh pengguna.

Keberpihakan politik terhadap isu tersebut berjalan dengan cara yang tidak konvensional.

Undang-undang tersebut, yang disahkan dengan persetujuan bipartisan di Kongres, telah menghadapi penolakan dari beberapa anggota parlemen progresif dan Republik yang menyuarakan kekhawatiran tentang pemberian wewenang kepada pemerintah untuk melarang platform yang digunakan oleh 170 juta warga Amerika.

Mantan Presiden Donald Trump, yang mencoba melarang TikTok saat menjabat, kini menentang larangan tersebut karena hal itu akan membantu pesaingnya, Facebook, platform yang terus dikritik Trump atas kekalahannya dalam pemilihan umum tahun 2020.

Di pengadilan, kelompok kebebasan berbicara dan keadilan sosial telah mengajukan amicus briefs untuk mendukung TikTok, dengan alasan bahwa TikTok membatasi hak Amandemen Pertama pengguna dan menekan kebebasan berbicara komunitas minoritas dengan mengganggu alat yang digunakan banyak dari mereka untuk mengadvokasi berbagai tujuan secara daring. Beberapa kelompok libertarian yang memiliki hubungan dengan investor ByteDance, Jeff Yass, juga telah mengajukan pernyataan yang mendukung perusahaan tersebut.

Sementara itu, pemerintahan Biden telah menerima dukungan dari lebih dari 20 jaksa agung dari Partai Republik, mantan pejabat keamanan nasional, dan kelompok hak asasi manusia yang berfokus pada China yang meminta pengadilan untuk menegakkan hukum tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home