Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 08:46 WIB | Selasa, 04 Februari 2014

Wakil Mediator PBB untuk Suriah Mengundurkan Diri

Nasser al-Kidwa (kanan) bersama Lakhdar Brahimi mediator PBB untuk Suriah. (Foto: dari reuters.com)

AMERIKA SERIKAT, SATUHARAPAN.COM - Wakil dari Lakhdar Brahimi, mediator PBB untuk Suriah, akan mengundurkan diri dari posisinya pekan ini, kata PBB, Senin (3/2).

PBB tidak menjelaskan alasan mundurnya Nasser al-Kidwa secara spesifik, namun mengatakan dia mengindikasikan “kesediaannya unuk mengabdi kepada PBB dalam kapasitas lain.”

Sekjen PBB Ban Ki-moon mengucapkan terima kasih kepada Kidwa atas upayanya “dalam berusaha mengakhiri pertumpahan darah di Suria serta melangkah maju menuju transisi pimpinan Suriah”, menurut sebuah pernyataan juru bicara Ban, Martin Nesirky.

Keponakan mantan pemimpin Palestina Yasser Arafat itu mendapat tawaran untuk menjadi wakil mediator pada 2012 bersamaan dengan Brahimi, setelah bekerja untuk pendahulunya, Kofi Annan.

Kidwa secara khusus bertugas menjalin kontak dengan oposisi Suriah.

Ban “mengungkapkan penghargaannya” kepada Kidwa atas pengabdiannya di bawah Brahimi dan Annan, kata pernyataan tersebut.

Dipecat
 
Sementara sumber-sumber diplomatik mengatakan pada hari Senin bahwa setelah berulang kali pemerintah Suriah minta supaya Kidwa diberhentikan.
 
"Dia telah dipecat," kata salah seorang diplomat mengatakan. 
 
Para diplomat mengatakan keterlibatan Kidwa dalam penyusunan komunike Jenewa, dokumen yang mendasari pembicaraan damai, dan hubungan dekatnya dengan perwakilan oposisi mungkin telah berkontribusi untuk pemecatannya. (AFP/Reuters)

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home